pemilu-2019

Ribuan Pasukan Disiapkan Kawal Pilkades di Sumenep

Oleh: Imam Muhlis Editor: 10 May 2020 - 11:40 kbrn-pusat

KBRN, Sumenep : Sebanyak 10 ribu petugas keamanan diterjunkan untuk pengawalan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  di wilayah Hukum Polres Sumenep. Hal tersebut dijelaskan Kapolres Sumenep AKBP Muslimin ketika memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak Tahun 2019.

“Jumlah tersebut, terdiri dari Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Brimob, BKO dari Polda Jatim serta Polres Jajaran Madura Sekitar 5 personil dan Kodim 0827 Sumenep, Satpol PP dan Linmas Sumenep sekitar 4 ribu lebih, sehingga personil yang dilibatkan pada pesta demokrasi tingkat Desa secara serentak ini hampir mencapai 10 ribu,” paparnya, Rabu (6/11/2019).

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini mengimbau kepada para peserta apel agar maksimal dalam menjalankan tugas serta berupaya menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif.

Sementara itu Komandan Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna mengatakan, pihaknya siap memaksimalkan fungsi institusinya untuk membantu kinerja Kepolisian dan mengamankan jalannya Pilkades serentak.

“Kami sifatnya bantuan pengamana, per Desa di estimasikan 3 personil yang di standby kan di masing – masing Koramil. Sementara untuk di Makodim sendiri disiapkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK)," katanya.

Setelah pelaksanaan Apel, pasukan segera digeser menuju masing – masing Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Sekedar diketahui sebanyak 226 Desa di Kabupaten Sumenep yang melaksanakan Pilkades serentak yang tersebar di 27 Kecamatan termasuk di Kepulauan.