jaksa-menyapa

Kejari Bukittinggi Optimalkan Program Jaksa Masuk Balai Adat

Oleh: Yudi Prama Agustino Editor: 10 May 2020 - 11:40 kbrn-pusat

Tanggapan Tokoh Masyarakat Terhadap Program Jamba

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Palupuah, Syafril Datuak Rajo Api, menyambut baik program Jamba dari Kejari Bukittinggi ini, menurutnya, penyuluhan hokum pada masyarakat itu perlu sekali, apalagi saat ini cukup banyak peredaran narkotika, dan penembangan kayu liar. 

“Dengan adanya agenda penyuluhan hukum dari Jaksa kali ini, diartikan ada upaya pencegahan terhadap tindakan yang mengarah pelanggaran hukum pidana oleh masyarakat, dan  dengan dibukanya konsultasi hukum gratis kepada masyarakat, juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki masalah sengketa-sengketa tanah di Nagari Palupuah ini,” sebutnya.

Sementara itu pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kamang Mudiak, Datuk Pati Baringih, mengaku, baru dalam kesempatan ini masyarakat merasakan Jaksa datang untuk melayani dan memberikan penyuluhan hokum secara langsung. 

“Masyarakat sangat senang dengan kehadiran tim Jamba dari Kejari Bukittinggi, dan berharap kedepannya kita bisa duduk bersama lagi, untuk membahas berbagai permasalahan hukum baik hukum adat maupun hukum positif,” ungkapnya.