internasional

Indonesia Terima Rumah Adat Dari Suku Maori Hawkesbay

Oleh: Kharisma Rizki Yulistiadi Editor: 10 May 2020 - 11:40 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Kemarin Sabtu, 9 Nopember 2019 menjadi hari bersejarah dalam hubungan People to People Indonesia dan Selandia Baru.

Masyarakat adat Maori di Hawkesbay "menyerahkan" rumah adat (Marae) kepada masyarakat Indonesia sebagai manifestasi persaudaraan yang sangat dalam. Sebagai catatan "penyerahan" seperti tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya kepada masyarakat negara sahabat lainnya.

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada masyarakat Maori di Hawkesbay atas kepercayaan ini. Penyerahan Rumah Adat adalah bentuk tertinggi dari rasa persaudaraan masyarakat Maori dengan bangsa lain.

Tantowi dan Tim KBRI Wellington selama ini memang giat menggalang persaudaraan dengan masyarakat Maori dan  masyarakat Pasifik lainnya melalui kegiatan-kegiatan bernuansa budaya dan ekonomi.

Sebut saja antara lain konser persaudaraan The Symphony of Friendship yang mengangkat persamaan musik Indonesia (timur) dengan musik Maori, dan pameran dagang, investasi dan pariwisata "Pacific Exposition" bulan Juli lalu. Event-event seperti itu belum pernah dilaksanakan di Pasifik sebelumnya.