teknologi

Menristek: Indonesia Perlu Tiru Kesuksesan Negara-Negara Nordik dalam Pengembangan Riset dan Inovasi

Oleh: Heri Firmansyah Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:40 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, faktor utama yang menggerakkan perekonomian di negara-negara maju dewasa ini adalah riset dan inovasi. Negara-negara Nordik seperti Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia merupakan contoh negara yang sukses memanfaatkan inovasi dalam meningkatkan perekonomiannya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Bambang dalam acara Seminar “Innovation Driving Sustainable Business-Bridging the Innovation Gap between the Nordics and Indonesia” di Jakarta, Rabu (13/11/2019) petang. 

Acara yang dibuka oleh CEO dari Renesans Consulting, Niclas Lindgren ini turut dihadiri Duta Besar Finlandia di Indonesia Jari Sinkari beberapa Presiden Direktur perusahaan ternama dari negara-negara Nordik dan ilmuwan serta akademisi dari Indonesia.

Menteri Bambang mengungkapkan, Indonesia harus senantiasa belajar dari negara-negara maju di bidang riset dan inovasi, baik dari Asia, Amerika dan Eropa, termasuk dari negara-negara Nordik yang telah menunjukkan kesuksesan perekonomian negaranya yang didukung oleh kualitas pendidikan, riset dan inovasi. 

“Investasi yang sangat besar pada riset dan inovasi menjadikan mereka negara inovatif. Contohnya adalah hasil riset yang diterapkan pada produk-produk komersial seperti Nokia, Volvo, Ericsson, Electrolux, Skype, IKEA, Oriflame dan Spotify. Banyak perusahaan dan entrepreneur di Nordik yang menciptakan pekerjaan, memperbaiki standar kehidupan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” jelasnya.

Menteri Bambang menuturkan bahwa di era Revolusi Industri 4.0, setiap negara berlomba-lomba meningkatkan kualitas riset dan inovasinya, karena mereka sadar bahwa riset dan inovasi adalah kunci perekonomian di era ini. Indonesia telah mengalami perkembangan positif di bidang riset dan inovasi, namun pergerakannya masih lebih lambat dibandingkan laju riset dan inovasi negara lain. 

“Saat ini inovasi menjadi faktor utama kesuksesan ekonomi di segala sektor. Pada Global Innovation Index (GII) 2019, Indonesia menduduki peringkat 85 dari 129 negara, di bawah negara-negara ASEAN lain seperti Singapura (8), Malaysia (35), Vietnam (42), Thailand (43), Filipina (54), dan Brunei (71). 

Pada Global Competitiveness Report 2019 dalam World Economic Forum (WEF), peringkat Indonesia juga turun menjadi 50 dari peringkat sebelumnya yaitu 45. Nilai terendah pada laporan tersebut adalah pada Innovation Capability pillar di mana Indonesia hanya meraih skor 38 dari 100,” ungkap Menteri Bambang.

Menurut Menristek, kondisi tersebut seharusnya dapat memacu Indonesia untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas inovasi untuk lebih maju dalam bersaing dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta untuk menerapkan ekonomi berbasis inovasi. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Indonesia harus melakukan lompatan-lompatan besar dalam kebijakan bidang riset dan inovasi nasional.

Menteri Bambang mengatakan, salah satu kebijakan penting yang telah dihasilkan oleh pemerintah untuk mendukung ekosistem riset dan inovasi nasional adalah terbitnya Peraturan PP No. 45 tahun 2019 tentang Pengurangan Pajak Super. Tujuannya adalah untuk mendorong investasi dalam industri padat karya, penciptaan lapangan kerja, keterlibatan sektor bisnis dan industri dalam menghasilkan SDM berkualitas tinggi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan litbang. 

“Pemerintah akan menawarkan tax deduction hingga 200 persen bagi industri yang berinvestasi pada pendidikan vokasi, dan pengurangan pajak hingga 300 persen untuk industri dengan aktivitas litbang yang menciptakan inovasi,” jelasnya.

Menteri Bambang juga menyampaikan, antusiasme untuk mendengar pengalaman dan masukan dari Nordik sebagai negara inovatif mengenai pengembangan dan implementasi inovasi sebagai bahan pembelajaran bersama. Ia berharap acara seminar dan workshop tersebut dapat memberikan kesempatan bagi para entrepreneur, pembuat kebijakan, akademisi, dan peneliti yang hadir dapat bertukar ide dan gagasan dalam memperbaiki ekosistem inovasi Indonesia dan dapat memperluas jaringan kerja sama.

Professor Alf Rehn, seorang guru besar di bidang inovasi, desain, dan manajemen yang berasal dari Finlandia, yang telah menjadi Global Innovation Guru, penulis, dan pembicara di berbagai acara, serta tergabung dalam jajaran direksi di beberapa perusahaan Nordik dalam seminar ini mengatakan, Nordik telah tergolong ke dalam jajaran negara inovatif. Banyak hal yang dapat dipelajari oleh Indonesia terkait dengan kesuksesan negara-negara Nordik dalam hal inovasi. 

Professor Rehn menyampaikan bahwa yang menjadikan sebuah inovasi berdampak dan bertujuan adalah inovasi yang tak hanya dilakukan demi sebuah pengakuan, namun yang dalam intinya bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Dalam perjalanan inovasi di negara-negara Nordik, prinsip pendekatan Triple Helix tak hanya membantu mereka berinovasi lebih banyak, namun juga membantu mereka untuk berinovasi lebih baik. 

“Triple Helix memang  menjadi kunci kesuksesan di Nordik, namun tak hanya itu saja, di sisi lain ada faktor dalam mengembangkan inovasi yang sifatnya tak terukur, yaitu budaya inovasi, yang menjadi pondasi yang melandasi inovasi di berbagai institusi dan perusahaan di Nordik. Salah satu budaya yang sangat dijaga adalah rasa hormat dan menghargai bahwa seluruh individu memiliki suara dan berhak menyuarakan idenya, serta dihargai,” jelasnya.

Menurut Profesor Rehn, keunggulan inovasi Nordik dibanding dengan negara-negara lain terletak pada kemampuan mereka untuk berdialog, mendengarkan, menghargai, dan berbagi gagasan dan pengetahuan, yang pada akhirnya menciptakan rasa kebersamaan. 

“Saya rasa itulah mengapa Nordik merupakan contoh yang baik dalam inovasi. Tak hanya karena persatuan dan kebersamaan secara internal, namun juga antarorganisasi dan antarnegara. Aspek budaya inovasi  ini sangat kuat dalam menciptakan organisasi yang lebih kreatif,” tegasnya.

Turut hadir pada seminar dan workshop tersebut Deputi Penguatan Inovasi Kemenristek Jumain Appe, Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Satryo S. Brodjonegoro, Kepala Dewan Riset Nasional (DRN) Bambang Setiadi, CEO Supertext Martin Jacobson, Co-Founder dan CEO PT Bisnis Nordic Indonesia Said Irandoust, Dosen Senior ITB Leo Aldianto, Kepala Riset dan Inovasi Produk Nodeflux Adhiguna Mahendra, Executive Director Indonesian Food Innovation Centre (IFIC) Archie Slamet, Kepala MVB Indonesia dan Founder PT Phoenix Communication Alistair Speirs.