tanggap-bencana

Lebih dari 2,5 Hektare Lahan Lereng Gunung Lawu Terbakar, Pendakian Ditutup

Oleh: iman Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:40 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Jawa Timur memperkirakan lebih dari 2,5 hektare hutan dan lahan terbakar di wilayah lereng Gunung Lawu tepatnya di Desa Bedagung, Desa Sukowidi Kecamatan Penekan dan Desa Bangunasri Kecamatan Barat, Magetan Jawa Timur. 

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Kejadian kebakaran hutan dan lahan itu terjadi pada pukul 09:30 WIB, Jumat (15/11/2019). 

"Kebakaran ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa," kata Kasi Darlog BPBD Magetan Ferry Yoga Saputra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/11/2019). 

Menurut Ferry BPBD Kab. Magetan, TRC-PB BPBD Kab. Magetan, Perhutani, TNI, Polri, Perangkat Desa, Warga masyarakat sekitar dan potensi relawan melakukan proses pemadaman dan pembuatan ilaran agar api tidak meluas. 

Selain itu, BPBD Kab Magetan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penutupan jalur pendakian via Cemoro sewu dan Singolanggu.

"Hingga pukul. 19:00 WIB, proses pemadaman dihentikan dan dilanjutkan besok pagi namun tetap melakukan pemantauan apabila terjadi situasi membahayakan dan mengancam pemukiman penduduk akan dilakukan penanganan kembali," pungkasnya.