tanggap-bencana

Banjir di Nagan Raya Meluas, 13 Desa Terendam

Oleh: Munjir Permana Editor: 10 May 2020 - 11:39 kbrn-pusat

KBRN, Suka Makmue : Bencana banjir yang melanda Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh dilaporkan semakin meluas. Banjir yang melanda wilayah ini sejak Minggu (17/11/2019) kemarin itu sudah merendam 13 desa.

Berdasarkan informasi yang diupdate Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), banjir melanda dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tripa Makmur dan Kecamatan Darul Makmur.

“Banjir disebabkan karena angin kencang dan hujan deras yang terjadi mulai tanggal 16 November 2019, mengakibatkan luapan Krueng Lamie dan Krueng Tripa,” kata Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi di Banda Aceh, Senin (18/11/2019).

Dia menyebutkan, banjir juga merendam jalan lintas dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

“Sementara di pemukiman penduduk ketinggian banjir mencapai 100 centimeter,” ujarnya.

Sunawardi mengungkapkan, berdasarkan laporan pada Minggu malam banjir belum surut. Sementara petugas BPBD dikerahkan ke lokasi banjir untuk melakukan monitoring dan pendataan terhadap korban jiwa dan dampak material yang diterjang banjir.

“Sejauh ini belum ada pengungsi. BPBD Nagan Raya  melakukan pemantauan kondisi banjir luapan Krueng Lamie dan Krueng Tripa,” sebutnya.

Awalnya dilaporkan, banjir yang merendam Kabupaten Nagan Raya hanya Sembilan desa, namun kini meluas hingga 13 desa. Berikut desa yang terdampak banjir di Nagan Raya.

Kecamatan : Tripa Makmur

1. Desa  : Panten Pange

2. Desa  : Ujong  Krueng

3. Desa  : Mon Dua

4. Desa  : Neubok Yee PP

5. Desa  : Neubok  Yee Ok

6. Desa  : Pasi Keube Dom

7. Desa  : Lueng Keube Jagat

8. Desa  : Kabu

9. Desa  : Drien Tujoh

10. Desa : Babah Lueng

Kecamatan : Darul Makmur

1. Desa : Ujong Lami

2. Desa : Kutatrieng

3. Desa : Kuala semayam