daerah

Aceh Berharap Menag Dukung Penguatan Syariat Islam di Serambi Mekkah

Oleh: Syahril Ahmad Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:39 kbrn-pusat

KBRN, Banda Aceh : Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengharapkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi ikut mendukung setiap upaya penerapan syariat Islam di Aceh.

Menurutnya, mengatakan, pengangkatan putra Aceh sebagai Menteri Agama merupakan sebuah keistimewaan, sebab jabatan tersebut sejalan dengan nilai yang ada di Aceh.

"Hingga saat ini pemerintah Aceh terus berupaya melakukan penguatan implementasi syariat Islam," kata Nova Iriansyah saat memberikan sambutan pada acara silaturrahmi Menteri Agama Indonesia bersama ulama dan civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN)  Ar-Raniry Banda Aceh, di Gedung Auditorium Ali Hasjmy, Senin, (18/11/2019).

Melalui program Aceh Meuadab, kata Nova, Pemerintah Aceh melakukan beberapa langkah penguatan syariat Islam.  Di antaranya, melakukan penguatan pendidikan berbasis nilai-nilai moral dengan menghadirkan kurikulum Aceh Islami untuk setiap jenjang pendidikan.

"Selain itu, Pemerintah Aceh juga melakukan penguatan budaya masyarakat adat yang berdampak kepada peningkatan kepekaan sosial, penguatan eksistensi kelembagaan institusi keislaman dalam menyebar luaskan.

nilai-nilai keislaman, serta mendorong sifat keteladanan dari pimpinan masyarakat di setiap tingkatan," kata Nova. Nova mengatakan, upaya-upaya tersebut sejauh ini mulai menampakkan hasil walaupun belum sempurna.

Meskipun demikian, lanjutnya, pihaknya masih harus terus bekerja keras dan bekerja cerdas. Ia mengatakan, salah satu tantangan besar dalam mengimplementasikan syariat Islam adalah bagaimana membuat setiap kebijakan mengandung kebajikan yang maksimal.