kuliner-nusantara

Nikmati Lezatnya Pengkang dengan Bersanding Sambal

Oleh: Vinta Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:39 kbrn-pusat
KBRN, Kalimantan : Pengkang atau lempar merupakan panganan khas Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat yang terbuat dari ketan yang di dalamnya terdapat udang ebi dicampur santan yang dimasak dengan cara dibakar. 
 
Panganan ini akan lebih nikmat apabila disantap dengan sambal kepah khas Mempawah. Sambal kepah ini terbuat dari kerang pantai hutan mangrove yang direbus dan ditumis bersama bumbu-bumbu hingga menyerupai saus.

Pengkang punya cita rasa yang mirip dengan lemper, gurih dan mengenyangkan. Proses pembuatannya juga  hampir sama dengan membuat lemper.
 
Nah, jika kamu bersama keluarga ingin berlibur ke Singkawang, dalam perjalanan menuju kesana dari pontianak akan melewati Jungkat dan kabupaten Mempawah. Nah, Sebelum jembatan peniti kamu akan menemukan pondok Pengkang atau lempar pas di sebelah kanan arah ke kota Singkawang.

Pondok Pengkang berada di Jl Peniti, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat buka setiap hari dari jam 5 subuh hingga jam 22.00 malam.

Saat ditemui RRI, karyawan Pondok Pengkang Mengatakan, bahwa warung ini dibuka sejak Tahun 1934. Menurutnya, banyak pengunjung dari luar Kalbar, bahkan sejumlah artis juga sering berkunjung ke pondok Pengkang.

"Artis yang pernah mengunjungi Pondok Pengkang di antaranya, Pasha Ungu, Bagindas, Rosa, Slank, Arwana dan banyak lagi artis yang lain," ucap Hendra kepada reporter RRI pada Rabu (28/11/2019).

Hendra menambahkan, kalau Pengkang dijual satu jepitannya dengan harga Rp10 ribu. Dan sambal kepah satu bungkus Rp35 Ribuan.

"Ketan Pengkang ini bisa bertahan hingga dua hari. Para pengunjung yang datang dari luar Kalbar terkadang beli untuk oleh-oleh sanak keluarganya," ujar Hendra.(Foto: Istimewa)