ekonomi

Pemerintah Komit Akselerasi Transformasi Digital di Tanah Air

Oleh: Heri Firmansyah Editor: Heri Firmansyah 23 Dec 2020 - 05:42 kbrn-pusat

Tren digitalisasi meningkat

Di tengah pandemi Covid-19, digitalisasi dan penggunaan internet meningkat pesat di kalangan masyarakat sebagai solusi untuk menunjang aktivitas mereka agar bisa tetap produktif di tengah keterbatasan akibat pandemi. Mulai dari aktifitas belanja melalaui e-commerce atau toko online, work from home (WFH), virtual meeting, dan aktivitas lain melalui perangkat digital.

Memasuki era kenormalan baru atau new normal era, pemerintah juga mendorong akselarasi transformasi digital di berbagai kalangan, organisasi dan institusi sebagai solusi di era adaptasi kehidupan baru ini untuk mendukung berbagai layanan masyarakat.

Tren meningkatnya transformasi digital saat ini, mendorong PT Madani Solusi Internasional (MSI), sebagai penerbit Majalah It Works dan pengelola portal berita itworkd.id untuk menyelenggarakan Top Digital Awards 2020 yang digelar sejak tahun 2014.

Ketua Penyelenggara Top Digital Awards 2020, M. Luthfi Handiyani mengungkapkan, kegiatan ini bukan sekedar ajang penghargaan semata, namun ada aspek pembelajarannya bagi peserta.

"Saat mengikuti tahapan wawancara penjurian, dewan juri memberikan masukan dan saran atau ekomendasi kepada para peserta, tentang pengembangan solusi TI dan transformasi digital yang perlu mereka lakukan ke depan,” tambah M. Luthfi, yang juga Pemimpin Redaksi majalah It Works ini. 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Top Digital Awards 2020, Prof Dr ING r Kalamullah Ramli, M.Eng menjelaskan bahwa kegiatan Top Digital Awards 2020 diselenggarakan berkat bekerja sama dengan sejumlah asosiasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan konsultan TI independen.

"Kegiatan ini merupakan rating atau penilaian tahunan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan, organisaasi atau institusi yang dinilai berhasil dalam hal inovasi, implementasi IT dan Telco atau teknologi digital, baik di sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau masyarakat,” papar Prof Muli --panggilan kari nya.