olahraga

Jelang Laga Persib vs Persela, Robert Alberts: Ini Pertandingan Penting

Oleh: Azis Zulkarnaen Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat

KBRN, Bandung: Persib  belum menyerah dalam perburuan posisi 5 Besar Liga 1 2019. Hasil negatif di dua laga terakhir sama sekali tak menyurutkan semangat tim asuhan Robert Alberts untuk mengambil tiga poin saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (3/12/2019)  pukul 18.30 WIB. 

“Ini pertandingan penting. Karena banyak tim dengan selisih poin tipis saat ini, kecuali Bali (United). Kami tahu sudah kehilangan poin di dua pertandingan sebelumnya. Kami masih ingin naik ke peringkat lima. Itu merupakan target utama kami. Oleh karena itu, pertandingan ini sangat penting,” kata Robert dalam keterangannya di laman resmi Persib. 

Sayangnya, Persib dipastikan akan kehilangan Ezechiel N’Douassel dan Dedi Kusnandar. N’Douassel harus menjalani hukuman kartu merah di laga sebelumnya kontra Bali United. Sedangkan Dedi akibat akumulasi kartu kuning. 

Akan tetapi, Persib punya kabar gembira. Bek tengah tangguh, Achmad Jufriyanto sudah kembali pulih dari cedera dan berpotensi dimainkan Robert.  

“Jika Jupe bisa bermain, maka Supardi akan kembali ke posisi aslinya sebaga bek kanan. Tapi kita tidak boleh melupakan bahwa Supardi sudah bermain sebagai bek tengah untuk sejumlah laga dan dia melakukan kerja yang baik,” katanya.

Mengenai catatan positif  Persela, Robert tak gentar. Bermain di hadapan bobotoh, ia yakin anak asuhnya bisa tampil spartan dan bermotivasi tinggi. Dengan kata lain, Persib siap mematahkan rekor manis Persela di hadapan bobotoh. 

“Motivasi tim kami juga sangat tinggi. Kami ingin naik ke peringkat lima. Kami tidak melihat motivasi lawan. Tapi kami menghormati mereka sebagai tim yang kuat. Mereka punya catatan bagus di dua laga terakhir, termasuk menang melawan Borneo FC dan itu bukanlah hal yang mudah. Mereka mungkin termotivasi dengan kemenangan itu. Tapi, kami juga termotivasi untuk laga besok dan siap tampil habis-habisan untuk mengunci tiga angka,” papar Robert. 

Di kubu lawan, Laskar Joko Tingkir sedang dalam posisi tak aman. Mereka masih berjuang untuk lolos dari zona merah agar mampu bertahan d Liga 1 musim depan. Artinya, tim asuhan Nil Maizar itu butuh poin di laga lawan Persib.

Soal kesiapan tim asal Jawa Timur itu, Nil cukup optimistis.

“Kondisi pemain tidak ada yang akumulasi kartu kuning. Mudah-mudahan besok saat menghadapi PERSIB, Persela bisa menampilkan kekuatan maksimal dan kami ingin ambil poin di sini,” jelasnya.

Absennya Ezechiel tak lantas membuat Nil senang. Bagi dia, PERSIB masih memiliki sejumlah pemain depan yang tak kalah tajam. “PERSIB ini tim luar biasa. Main atau tidak mainnya Ezechiel, mereka tetap sama. Karena kekuatan pemain inti mereka dengan pemain cadangan itu tidak terlalu jauh. Jadi kami tidak terlalu memikirkan itu, yang penting bagi kami bagaimana Persela bisa melakukan kerja maksimal,” pungkasnya.