wisata

Ini Destinasi yang Bakal Dituju Warga Jakarta Saat Libur Nataru

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan Sugihardjo menuturkan sejumlah daerah yang bakal menjadi destinasi warga ibu kota saat libur Natal 2019 dan malam Tahun Baru 2020.

Ia mengatakan, berdasarkan survei Kemenhub ada dua tol yang bakal menjadi lintasan utama warga DKI saat libur akhir tahun nanti, yakni Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jagorawi.

“Khusus Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan tol itu antara lain tujuan ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, bahkan hingga Bali. Sementara Tol Jagorawi, didominasi pengguna yang ingin berlibur di Puncak, Jawa Barat,” ujar Sugihardjo di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Lebih jauh, dirinya memaparkan bila dilihat dari jenis kendaraan darat yang bakal digunakan masyarakat untuk berlibur maka 48 persen memilih menggunakan mobil pribadi, 8 persen menggunakan bus serta 2 persen masing-masing menggunakan mobil sewa dan sepeda motor.

“Sebanyak 24 persen menggunakan angkutan udara untuk berlibur, kereta api 15 persen, dan angkutan laut hanya 1 persen,” katanya.

Sedangkan, lanjut dia, khusus untuk angkutan mudik menggunakan kapal laut berdasarkan survei Kemenhub terbanyak digunakan oleh masyarakat yang berada di Indonesia bagian timur, selain di Sumatera Utara.

“Untuk yang berlibur dengan pesawat terbang, puncak balik diprediksi terjadi pada 5 Januari 2020," imbuhnya.