sorotan-kampus

Mahasiswa Fakultas Hukum Unimal Gelar Pawai Obor Hari HAM Internasional

Oleh: Deni Yusman Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat

KBRN, Lhokseumawe: Mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Malikussaleh (Unimal) Kabupaten Aceh Utara, Senin (09/10/2019) malam, menggelar Pawai Obor memperingati Hari HAM sedunia. Mereka berkumpul di Pekarangan Gedung Museum depan Mesjid Agung Islamic Centre, Kota Lhokseumawe, sambil memegang obor dan umbul - umbul, dan memakai almamater warna pada pukul 21.00 WIB. 

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Ormawa Fakultas Hukum, juga berjalan kaki keliling kota dikawal aparat kepolisian dari Mapolres Lhokseumawe. 

"Ini merupakan agenda tahunan mahasiswa untuk melaksanakan pawai obor tepat di hari HAM Internasional," sebut Koordinator Aksi, Muhammad Fadli, kepada RRI di titik kumpul pekarangan Gedung Museum Lhokseumawe tadi malam. 

Hal ini juga untuk mengingatkan kembali pemerintah yang sampai saat ini belum mampu menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat di Aceh dan Indonesia. Semisal, tragedi simpang KKA Aceh Utara, pada masa pemberlakukan status Daerah Operasi Militer (DOM). 

"Terlepas dari Aceh, di Indonesia juga baru - baru ini, mahasiswa meninggal dunia dalam aksi unjuk rasa dan kerusuhan pasca Pemilu 2019. Ini juga belum terungkap siapa pelakunya," ungkap Fadli.

Sementara itu, Selasa (10/12/2019) pagi ini, Mahasiswa Fakultas Hukum Unimal juga akan kembali menggelar aksi damai di Tugu Rencong, Simpang Kutablang Kota Lhokseumawe. Aksi rencananya akan dipadu dengan teatrikal dan baca puisi tentang kemanusiaan.