ekonomi

Dubes RI di Luar Negeri Diminta Pasarkan Produk Indonesia

Oleh: Rizki Supermana Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza menyatakan upaya peningkatan ekspor produk produk Indonesia memerlukan peran untuk mempromosikan oleh perwakilan-perwakilan RI di luar negeri. Faisol Riza yang merupakan politisi dari Fraksi PKB meminta Duta Besar di negara lain untuk membantu memasarkan produk produk unggulan Indonesia kepada negara setempat.

Komisi VI menyoroti belum signifikannya peningkatan ekspor produk produk nasional ke luar negeri. Untuk itu, selain menjalin hubungan diplomasi dengan negara lain, Dubes RI di negara lain diharapkan menjalin dan menjaga hubungan dagang ekspor, khususnya pada negara tujuan ekspor baru.

"Perwakilan atau atase perdagangan di setiap Kedutaan Besar RI melalui sinergitas dengan Kemenlu RI, dalam rangka memasarkan produk produk unggulan Indonesia, serta membuka hubungan dagang dengan negara tujuan ekspor baru," ungkap Faisol Riza saat Rapat Kerja dengan Kemendag, di Komisi VI DPR RI, Jakarta, pada Selasa (10/12/2019).

Sementara itu, Anggota Komisi VI, Percha Leanpuri meminta Kemendag untuk memperbaiki proses pengiriman komonditas ekspor yang masih menghabiskan waktu cukup lama dan berbelit belit.

Percha Leanpuri mengatakan tahun 2019 ini sebanyak 25 kontainer kelapa sawit dari Sumatera Selatan gagal diekspor karena terlalu lama di pelabuhan, sehingga kualitas menjadi tidak baik dan tidak layak ekspor.