sea-games

Final Sepakbola SEA Games, Ini Strategi yang Harus Dijalankan Timnas

Oleh: Bunaiya Fauzi Arubone Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Final sepakbola SEA Games 2019 mempertemukan timnas U23 Indonesia vs Vietnam. Kesebelasan Merah Putih dinilai punya peluang menang yang cukup besar jika terus melancarkan serangan jika ingin merebut medali emas di ajang pesta olahraga dua tahunan itu.

"Saya melihat potensi menang itu tetap besar bagi Indonesia," kata Pengamat Sepakbola, Alief Syachviar dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (10/12/2019).

Diakui dia, pada babak sebelumnya, kesebelasan Merah Putih memang kalah 1-2 dengan Vietnam. Namun kekalahan itu mestinya menjadi pelajaran penting bagi tim asuhan Coach Indra Sjafri tersebut. 

Konkretnya, Vietnam yang gaya bermainnya seperti Korea Selatan dengan menyerang melalui kedua sayap lapangan harus bisa dipatahkan.

"Mereka ini selalu tampil 70 sampai 80 persen memforsir serangan dari kedua sayapnya dengan speed dan power. Nah ini yang harus diperhatikan. Bahwa kita bila perlu harus mematikan, menutup. Setidaknya minimal mengganggulah sayap dari Vietnam ini untuk tidak mudah melakukan crossing," urainya.

Lebih lanjut Alief, jika ingin menang, Coach Indra Sjafri janganlah fokus dengan organisasi tim Garuda Muda. Yang ada mestinya menurut dia skill individu para pemain harus dimanfaatkan dengan baik.

"Artinya ini kelebihan kita. Pemain kita ini punya goal skill individu yang lebih baik dari Vietnam dan punya ability yang lebih baik. Ini yang harus bisa dimanfaatkan. Artinya upayakan pemain kita untuk berani melakukan serangan solo run dengan individual goal. Ini akan merusak barisan belakang Vietnam," ujarnya.

Terakhir, tambahnya, kalaupun melancarkan strategi bertahan, maka pertahanan yang dilakukan pun tak boleh dilakukan terlalu dalam ke barisan pertahanan Tim Indonesia.

"Karena apabila terlalu dalam, maka bola akan dengan mudah masuk ke kotak pinalti kita. Tetapi kalau pandangan saya, tidak ada bagusnya juga malam nanti kita bertahan. Karena sebenarnya Vietnam ini juga ga bagus-bagus amat ya. Artinya kalau kita berani bermain terbuka kemudian gelandang kita juga berani, saya kira peluang itu ada," pungkasnya. (Foto : Tangkap Layar YouTube)