teknologi

BPJS Kesehatan Luncurkan Mobile Costumer Service

Oleh: Rido Lingga, S.Kom Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat
KBRN, Depok: Bagi anda warga Kota Depok workaholic, bekerja lebih dari 8 jam sehari, tentu mencari waktu yang tepat untuk menyelesaikan urusan BPJS Kesehatan akan sangat sulit. Tak perlu khawatir, BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok siap hadir di titik-titik strategis untuk menjawab semua hal mengenai BPJS Kesehatan yang masih jadi PR anda di Mobile Customer Service (MCS).

Pelayanan jemput bola ini diluncurkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar BPJS Kesehatan. Tetapi juga dapat melayani hampir semua jenis layanan BPJS Kesehatan selevel kantor cabang dengan cepat.

"Mobile Costumer Service ini tujuannya untuk menjangkau warga yang belum sempat ke kantor BPJS sekedar untuk menanyakan informasi. Guna efisiensi waktu khususnya warga Depok yang mobilitasnya tinggi, tetapi hak-hak informasi yang mereka butuhkan dapat terpenuhi dengan baik melalui kegiatan ini," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok Irfan Qadarusman kepada wartawan di Jalan Raya Margonda, Selasa (10/12/2019).

Apa Saja Pelayanan di MCS?

Jenis layanan yang dapat diberikan dalam MCS yaitu pendaftaran baru Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, pendaftaran Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) baik secara kolektif maupun individu, dan pendaftaran pekerja yang badan usahanya belum mendaftar.

Kedua yaitu pelayanan perubahan data, cetak kartu dan pembayaran iuran seperti perubahan data Peserta Bantuan Iuran (PBI), perubahan data PPU PN, perubahan identitas peserta (NIK, nama, TTL, alamat), perubahan FKTP, perubahan kelas rawat, perubahan status kepesertaan, perubahan nomor handphone dan alamat email, mutasi kurang data anggota keluarga PBPU, penggantian kartu lama, hilang/rusak, perbaikan data ganda, pembayaran iuran, penonaktifan dan pengaktifan kembali WNI di luar negeri.

Serta ketiga yaitu layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

"Semua layanan di MCS ini adalah pelayanan cepat (fast track)," jelasnya.

Titik Operasi

MCS BPJS Kesehatan Kota Depok akan mulai beroprasi pada 12 Desember 2019 di puskesmas Cilodong. MCS akan mendatangi kelurahan di Kecamatan Cilodong jika diminta dan jika memenuhi jumlah minimal request.

"Kedepan BPJS Kesehatan akan menjajaki kerjasama dengan KRL Commuter Line agar dapat membuka titik pelayanan MCS di stasiun-stasiun KRL se Kota Depok," tambahnya.

Irfan menyebutkan kebanyakan warga mencari informasi terkait perubahan data, pindah kelas, pindah faskes dan perubahan sekmen dari PPU ke peserta mandiri dan lain-lain. Dia berharap untuk efisiensi waktu, masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan MCS JKN-KIS daripada harus jauh-jauh datang kantor Cabang BPJS Kesehatan Depok di Jalan Raya Margonda.