teknologi

Dorong Lahirnya Produk Global, BPPT Gelar Innovation Day

Oleh: Heri Firmansyah Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat
KBRN, Tangerang Selatan : Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali menggelar BPPT Innovation Day untuk memperkuat komunikasi dan mempererat jaringan kemitraan pemerintah pusat dan daerah.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, BPPT Innovation Day merupakan kegiatan yang cukup strategis dan perlu disikapi serius dengan tindakan nyata.

"Dalam rangka inilah penguasaan, pemajuan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (IPTEKIN) menjadi keniscayan," katanya. 

Menurut Hammam, diperlukan Ekosistem lnovasi untuk mempermudah implementasi pemanfaatan IPTEKIN tersebut. Innovation Day ini dilatarbelakangi oleh isu strategis yang semakin perlu mendapatkan penyikapan serius dari tindakan nyata dalam pembangunan Indonesia ke depan.

"Tahun ini ada 21 tenant yang ikut partisipasi dalam BPPT Innovation Day, di antaranya Bitumen Nano, Swasembada.id, Sitomo, Valex Folifix dan PT Algeapark Indonesia Mandiri," ungkapnya.

Hammam juga mengatakan bahwa Innovation Day ini erat kaitannya dengan peningkatan kualitas pembangunan, peningkatan inklusivitas, dan perbaikan degradasi lingkungan.

"Kita lahirkan inovasi-inovasi nasional dengan startup ini kita bina dan inkubasi untuk menghasilkan produk-produk global. Kita mendorong untuk Indonesia mempunyai produk nasional seperti negara Korea dan Jepang," imbuhnya.