info-publik

Libur Nataru, PT KAI DAOP 8 Tambah Siapkan Dua KA Tambahan di Malang

Oleh: Hanum Oktavia Editor: 10 May 2020 - 11:38 kbrn-pusat

KBRN, Malang: Tingginya antusias masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 menyiapkan kereta tambahan saat momen libur natal dan tahun baru (Nataru). Tahun ini, ada dua kereta tambahan yang disediakan, yakni KA Matarmaja relasi Malang-Jakarta Pasar Senen, dan KA eksekutif Gajayana relasi Malang-Jakarta Gambir.

“Selain penambahan kereta, sejak 1 Desember lalu beberapa kereta juga beroperasi dengan penambahan kelas. Yakni yang senilai ada tiga kereta eksekutif, saat ini menjadi empat kereta,” kata Kepala Stasiun Kotabaru Malang, Iful Siswanto, Rabu (11/12/2019).

Untuk kedua kereta api tambahan di momen Nataru, masing-masing satu keberangkatan setiap harinya. “Selama ini dalam sehari ada 10  kali keberangkatan kereta jarak jauh di Stasiun Malang. Dengan jumlah 468 kursi setiap keberangkatan,” ujarnya.

Sementara terkait ketersediaan tiket KA jarak jauh menjelang Nataru, saat ini masih tersisa sekitar 50 persen. “Sisa tiket itu hanya untuk kelas eksekutif dan bisnis saja. Sedangkan kelas ekonomi reguler telah habis hingga pemberangkatan 1 Januari 2020. Okupansi ini diprediksi meningkat saat libur sekolah dimulai,” tutur Iful.

Selama ini, tren tujuan favorit penumpang kereta api selama libur Nataru yaitu Bandung dan Jakarta. “Karenanya, beberapa kereta jarak jauh mulai dilakukan perpanjangan hingga wilayah Jakarta. Seperti KA Mutiara yang sebelumnya relasi Malang/Bandung, kini diperpanjang hingga Jakarta,” pungkasnya.