peristiwa

Komisi IX DPR Minta Kemenkes Dorong setiap RS untuk Mandiri

Oleh: Rizki Supermana Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Komisi IX DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, dan Direktur Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan. RDP ini membahas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Anggota Komisi IX, Obon Tabroni meminta Dirjen Pelayanan Kesehatan untuk mendorong setiap rumah sakit untuk mandiri.

Obon Tabroni yang merupakan politisi dari Fraksi Gerindra ini menyebutkan selain mengatasi masalah defisit dari anggaran Pemerintah, setiap rumah sakit diharapkan tidak menjadi beban Pemerintah. Komisi IX juga menyarankan agar khusus penyediaan alat alat kesehatan diberikan bantuan langsung dari Pemerintah, untuk memastikan standar alat alat kesehatan dan menjauhi tindakan yang tidak sesuai prosedur.

"Mempercepat pelayanan sekaligus bisa agar rumah sakit bisa mandiri, sehingga tidak mengalami kesulitan masalah pembayaran obat, alat kesehatan dan sebagainya, apakah alat kesehatan ini bantuan dari pusat ke bawah ini beli sendiri atau menunggu, kenapa tidak disubsidi langsung dari pusat," ungkap Obon Tabroni saat RDP dengan Dirjen Yankes, Kemenkes di DPR RI, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Obon Tabroni menambahkan, di era JKN BPJS Kesehatan, setiap rumah sakit diharapkan tidak saja mencari untung dalam menjalankan pemberian layanan kesehatan, namun yang lebih utama yaitu melayani berbagai masalah kesehatan masyarakat.

"Saya yakin bahwa, rumah sakit ini diharapkan untuk bisa, memang bukan lembaga yang mencari untung, tetapi paling tidak rumah sakit harus bisa mandiri," kata Obon Tabroni.