peristiwa

Komisi IX DPR Soroti Masyarakat Perbatasan Kalbar Lebih Banyak Berobat ke Malaysia

Oleh: Rizki Supermana Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi IX DPR RI, Alifuddin menyoroti masyatakat Indonesia di Perbatasa Kalimantan Barat lebih banyak yang berobat ke negara tetangga yaitu Kuching, Malaysia. Hal ini dikatakan Alifuddin saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, dan Direktur Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan.

Alifuddin yang merupakan politisi dari Fraksi PKS ini meminta Kemenkes untuk mempercepat pembangunan rumah sakit di perbatasan, khususnya di Kabupaten Sambas yang merupakan permintaan dari masyarakat setempat. Menurutnya Negara harus hadir memberikan pelayanan kesehatan hingga pada daerah perbatasan dengan negara lain.

"Masyarakat lebih suka berobat ke Kuching, kami mohon ada percepatan pembangunan rumah sakit di daerah perbatasan, khususnya di Kabupaten Sambas, agar segera dibangun rumah sakit perbatasan, ini aspirasi dari Kabupaten Sambas," ungkap Alifuddin kepada Dirjen Yankes, Bambang Wibowo di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Alifuddin menambahkan, faktor yang menyebabkan masyarakat perbatasan lebih banyak berobat ke negara tetangga, karena biaya berobat yang lebih murah dibandingkan di Indonesia. Untuk itu, catatan bagi Kemenkes agar memastikan biaya berobat terjangkau oleh masyarakat Indonesia sendiri.

"Sebab sebab masyarakat berobat ke luar negeri itu lebih murah, dan di dalam negeri, alat kesehatan dikenakan biaya yang cukup besar, dan saya usulkan pajak alat kesehatan tarifnya 0 persen," kata Alifuddin.