peristiwa

Komisi IX DPR Beri Solusi Kekurangan SDM Rumah Sakit dengan Penerimaan P3K

Oleh: Rizki Supermana Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo menyatakan sangat prihatin dan miris dengan kekurangan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit di sejumlah daerah. Hal ini dikatakan Rahmad Handoyo saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, dan Direktur Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan.

Rahmad Handoyo yang merupakan politisi dari Fraksi PDI P ini memberikan solusi kepada Kemenkes untuk melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K) di bidang kesehatan. Hal ini untuk memaksimalkan SDM Rumah Sakit guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Rumah sakit kita, khususnya sumber daya kita, ini miris juga sumber daya kita khususnya rumah sakit, masih ada yang belum mampu, solusinya sudah ada dengan P3K, saya minta waktu roadmap 5 tahun kita minimalkan berobat ke luar negeri," ungkap Rahmad Handoyo kepada Dirjen Yankes, Bambang Wibowo di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu (11/12/2019).

Rahmad Handoyo meminta Dirjen Layanan Kesehatan Kemenkes untuk bertemu dengan Menpan RB Tjahyo Kumolo agar meminta kuota P3K di sejumlah Rumah Sakit. Selama ini banyak masyarakat Indonesia yang berobat ke negara tetangga, karena pelayanan dan biaya berobat lebih murah di negara tetangga.

"Koordinasi dengan Menpan agar para direksi dan rumah sakit tidak terbelenggu dengan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, kalau tidak ya ratusan milyar sampe triliun lari ke malaysia," kata Rahmad Handoyo.