ekonomi

DJP Riau Bekali Pegawai dengan Integritas dan Kejujuran Ekstrem untuk Hindari Korupsi

Oleh: Tongkulem Siregar Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat
KBRN, Pekanbaru : Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Riau beserta seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berada di wilayah kerjanya memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Rabu (11/12/2019) di Aula Hangtuah Kantor Wilayah DJP Riau. Kegiatan itu dilakukan dengan membekali pegawai agar memiliki integritas dan kejujuran yang ekstrem untuk menghindaru korupsi.

Menurut Edward Hamonangan Sianipar selaku Kepala Kanwil DJP Riau bahwa Direktorat Jenderal Pajak sebagai salah satu Instansi di bawah naungan Kementerian Keuangan serta memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun penerimaan negara sangat rentan menerima gratifikasi atau bahkan melakukan tindakan korupsi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk itu, integritas merupakan suatu nilai yang wajib ditanamkan di dalam diri setiap pegawainya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa provinsi di Indonesia termasuk Riau masih berada di zona merah dalam hal penyimpangan berupa korupsi.

"Kita dikelilingi oleh budaya korup di sekitar kita. Akan sangat mudah bagi kita untuk terkontaminasi dan menjadi tercemar jika kita tidak memiliki integritas dan kejujuran yang ekstrim," ujarnya.

Pada kesempatan kali ini, Kanwil DJP Riau mengundang Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada, Dr. Zainal Arifin Mochtar, SH, LLM untuk menjadi pembicara.

Ia menyampaikan mengenai definisi korupsi, jenis-jenis perbuatan korupsi dan sanksi yang akan diterima oleh pelaku-pelaku perbuatan korupsi (Koruptor) sebagaimana dimaksud dalam Undang - Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Korupsi bukan merupakan budaya kita, namun sering kali korupsi terjadi karena berbagai pemikiran pragmatis yang dimiliki oleh orang-orang disekitar kita," ujar Zainal kepada jajaran pegawai di lingkungan DJP Riau.

Tema yang diusung pada peringatan Hakordia kali ini adalah "Gratifikasi Akar Korupsi". Kegiatan juga dimaksudkan untuk membekali pegawai dengan integritas agar bisa menghindari korupsi.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian souvenir dan cenderamata oleh Kepala Kanwil DJP Riau kepada pembicara. Kepala Kanwil DJP Riau berharap dengan adanya acara ini dapat mengingatkan pegawai tentang siapa diri mereka dan memperteguh integritas pegawai di tengah badai cobaan yang menepa mereka setiap hari.