daerah

Hadapi Nataru, DPKH Subang Jamin Stok Hewan Ternak Aman

Oleh: Ruslan Efendi Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Subang : Menjelang Natal dan tahun Baru Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Subang Asep Nuroni menjamin stok hewan ternak berupa itik, sapi, kerbau, domba dan kambing aman, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama nataru.

Artinya, kata Asep, masyarakat Kabupaten Subang khususnya tidak perlu khawatir akan kekurangan daging di pasaran saat natal dan tahun baru nanti.

"Menghadapi nataru nanti, kami sudah melakukan pendataan terkait stok hewan ternak, dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tidak perlu was-was akan kelangkaan daging saat nataru nanti," ujar Asep kepada wartawan di Subang, Rabu (11/12/2019).

Dengan stok hewan ternak yang relatif aman saat menjelang nantaru itu menurut Asep, diharapkan berdampak terhadap stabilitas harga daging dipasaran selama nataru nanti.

"In Syaa Alloh, ketika stok hewan ternak cukup banyak, sehingga tidak akan berdampak terhadap kenaikan harga daging nanti," tegasnya.

Ketersedian stok hewan ternak yang aman ini lanjut Asep, karena Subang sebagai daerah penghasil ternak terbesar di Jawa Barat, khususnya untuk ternak ayam pedaging. Dan Subang juga sebagai daerah pemasok ke Kabupaten-Kota lain di Jawa Barat, ternasuk DKI Jakarta.

"Subang kan sebagai daerah penghasil, jadi kita juga sebagai pemasok hewan ternak di Jabar dan DKI Jakarta," pungkasnya.