tanggap-bencana

Banjir Merendam Aceh Timur, Puluhan Warga Mengungsi

Oleh: Munjir Permana Editor: 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Idi : Bencana banjir melanda Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh Rabu (11/12/2019) pagi. Banjir dilaporkan merendam sejumlah desa di beberapa kecamatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, berdasarkan laporan BPBD Aceh Timur mencatat banjir merendam Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Perlak Timur, Kecamatan Perlak Barat dan Kecamatan Idi Tunong.

“Dari data yang diupdate pada pukul 12.28 WIB banjir melanda Desa Blang Rambong Kecamatan Banda Alam, kemudian Desa Sunebok Lapang Kecamatan Perelak Timur. Sementara Kecamatan Perelak dan Idi Tunong masih dalam pendataan,” kata Sunawardi.

Banjir disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Aceh Timur dalam dua hari terakhir.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak pukul 08.00 hingga sekarang, telah menyebabkan bencana banjir di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur,” ujarnya.

Sementara dampak material masih dalam pendataan petugas. Di Kecamatan Banda Alam korban yang terdampak sebanyak 65 jiwa dari 15 kepala keluarga. Sementara di kecamatan lainya masih dalam pendataan.

“Sebanyak 5 kepala keluarga 65 Jiwa mengungsi di rumah tetangga,” sebut Sunawardi.

Kondisi terkini dilaporkan debit air sungai Peureulak dan Arakundo semakin naik. Diprediksi ketinggian banjir terus meningkat.