daerah

Normalisasi Sungai Cimanuk, 9 Ton Eceng Gondok Dibersihkan

Oleh: Irwan Rudiawan Editor: 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN,Garut : Eichhornia crassipes atau eceng gondok yang menutup aliran Sungai Cimanuk di Jembatan Copong, Jalan Sudirman, Garut mulai dibersihkan petugas. Keberadaan eceng gondok sempat dikeluhkan masyarakat sekitar.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, eceng gondok menutup aliran Sungai Cimanuk sepanjang 700 meter. Sudah sebulan lebih, eceng gondok berada di Sungai Cimanuk.

"Tidak ada yang tanam. Tiba-tiba saja ada eceng. Jumlahnya terus bertambah setiap harinya," ujar Tubagus, Rabu (11/12/2019).

Tubagus menyebut, petugas dari BPBD, Tagana, Damkar, TNI, polisi, dan masyarakat ikut membersihkan eceng gondok. Pihaknya mengerahkan perahu karet untuk mengangkut eceng gondok ke pinggir sungai.

"Nanti akan ditarik dulu ecengnya ke Bendungan Copong. Terus akan ditarik ke pinggir menggunakan winch dari mobil jip. Sudah minta bantuan juga ke komunitas jip untuk mengangkut ecengnya," katanya.

Eceng tersebut akan dimanfaatkan oleh lembaga swadaya masyarakat untuk digunakan pakan ternak. Selain itu, eceng gondok juga akan dijadikan bahan kerajinan.

"Dipilah dulu mana yang bisa dipakai pakan dan kerajinan. Sisanya akan dibuang," ucapnya.

Diperkirakan, eceng gondok yang akan dibersihkan berjumlah sembilan ton. Pembersihan dilakukan hingga eceng gondok tak kembali menutup Sungai Cimanuk.