daerah

Kader PDIP Kubar Anita Theresia Dilantik jadi Anggota DPRD PAW

Oleh: Andreas Trisno Editor: Afrizal Aziz 10 May 2020 - 11:37 kbrn-pusat

KBRN, Sendawar : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar sidang paripurna istimewa dengan agenda Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kubar peroide 2019-2024 di gedung dewan, Rabu (11/12/2019).

Anggota dewan PAW adalah Anita Theresia menggantikan alamarhum Jackson John Tawi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang meninggal dunia pada 11 Oktober 2019.

“Pengambilan sumpah/janji PAW ini merupakan realisasi dari Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur, Nomor 171.3/25/B.PPOD.III/2019, tentang pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat. Meresmikan pemberhentian dengan hormat Jackson John Tawi, dan surat keputusan gubernur Kaltim Nomor 171.2/26/B.PPOD/III/2019, tentang pengangkatan PAW anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat Anita Theresia,” ucap Ketua DPRD Kubar Ridwai saat memimpin Paripurna Istimewa III masa sidang III sekaligus melantik Anita Theresia.

Perempuan kelahiran 7 September 1972 itu tanpa celah mengikuti kata-kata sumpah/janji yang dipandu ketua DPRD Ridwai.

“Semoga Tuhan Menolong Saya,” ucap Ridwai mengakhiri kata pelantikan diikuti Anita Theresia sembari tangan kirinya memegang buku Alkitab yang dipegang Rohaniawan Katolik dan tangan kanan mengangkat dua jari.

Ridwai yang juga sesama Kader PDIP dalam sambutannya berharap koleganya itu bisa membawa amanat rakyat yang telah mempercayainya duduk di lembaga dewan dengan sebaik-baiknya.

“Kepercayaan dan amanah dari rakyat ini hendaknya dilaksanakan dengan rasa penuh tanggungjawab. Saya berharap kita bersama meningkatkan kesejahteraan, harkat dan martabat melalui kegiatan pembangunan. Mengangkat status masyarakat dari keterbelakangan menjadi maju. Dan bebas dari kemiskinan serta menciptakan keadilan dan kemakmuran,” harapnya.

“Anggota DPRD diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran yang korektif dan bersifat membangun kepada pemerintah daerah dan lembaga DPRD itu sendiri. Semoga dengan kehadiran saudari Anita Theresia kinerja dewan lebih meningkat. Karena akan ditindaklanjuti dengan perubahan alat kelengkapan dewan. Selamat bekerja dan selamat bergabung di DPRD Kutai Barat,” tambah Bendahara umum DPC PDIP Kubar tersebut.

Tidak lupa Ridwai juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan perjuangan almarhum Jackson John Tawi yang telah mengabdikan diri hampir 3 periode di lembaga dewan.

Baca Juga: DPRD Kubar Segera Lantik Anggota PAW dari PDIP

Bupati Kubar FX.Yapan juga meminta legislator untuk tetap bersinergi dengan pemerintah sesuai tugas masing-masing.

“Saya juga mengucapkan selamat bekerja semoga saudari Anita Theresia menjaga amanah yang diberikan rakyat,” ungkap Yapan yang juga menjabat ketua DPC PDIP Kubar.

Anita Theresia dikonfirmasi sebelum pelantikan mengaku siap menjalankan amanat sebagai kader maupun wakil rakyat di  DPRD Kubar.

“Harapannya PDIP semakin solid dan menjadi partai yang mumpuni di Kutai Barat. Kemudian secara ideal tentunya kami bisa menjadi wakil rakyat untuk semua. Karena itu juga instruksi dari ketua DPC untuk tetap memperjuangkan aspirasi rakyat dan mendukung pemerintah yang juga dari PDI Perjuangan,” kata anggota dewan periode 2014-2019 itu.

Dengan dilantiknya Anita Theresia maka komposisi fraksi PDIP di DPRD Kubar kembali genap 6 orang setelah John Tawi meninggal dunia 2 bulan lalu. DPRD Kubar sendiri memiliki 25 kursi anggota.