kuliner-nusantara

Suka Makan Udang? Ini Olahan Udang Khas Sidoarjo

Oleh: Anik Hasanah Editor: 10 May 2020 - 11:34 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Kabupaten Sidoarjo, sejenak menjadi sorotan akhir akhir ini, karena Bupatinya, Saiful Ilah tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tapi, sejenak kita korek yang khas dari Kabupaten yang dikenal dengan Kota Udang ini.

Ya, Kota Udang. Siapa yang tidak kenal dan belum pernah makan udang? Sepertinya setiap orang pernah memakannya, kecuali yang alergi. Ada berbagai macam olahan makanan yang bahan bakunya adalah udang.

Di Sidoarjo sendiri, udang dimasak berbagai macam olahan.

1. Kerupuk Udang
Seperti dijadikan kerupuk udang. Bahkan, dari olahan satu ini, berhasil membawa pelaku usaha mendirikan pabrik serta mengekspor hingga ke Eropa dan Asia, yaitu Finna.

2. Tempura Udang
Ada juga yang olahan udang tempura. Makanan ini, juga sudah dijadikan industri, banyak sekali perusahaan frozen food yang menjadikan tempura udang sebagai salah satu pilihan menu.

3. Udang Asam Manis
Olahan yang satu ini begitu menggiurkan. Rasanya seperti namanya, asam dan manis, sangat pas jika dimakan dengan nasi punel hangat.

4. Udang Tepung
Menu ini yang paling banyak diolah warga Sidoarjo. Mudah, murah, dan simpel cara membuatnya. Tepungnya juga sudah ada yang instan, seperti rempeyek. Rasanya gurih dan kranci.

5. Udang Goreng
Kalau ini, juga olahan yang paling mudah. Karena cuma dimasak dengan garam serta rempah lainnya, lalu digoreng dengan minyak. Rasanya gurih dan nikmat dengan nasi punel yang hangat.

6. Botokan Udang
Botokan udang, dimasak dengan kelapa muda dicampur bumbu rempah lalu dibungkus daun pisang, kemudian dikukus beberapa menit. Rasanya? Jangan ditanya, pastinya sedap dan nikmat.

Jadi? Kira kira olahan udang mana yang membuat selera untuk segera memasak dan menyantapnya?