• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Gus Mus: Gus Sholah Siapkan Suksesi di Ponpes Tebu Ireng

3 February
09:40 2020

KBRN, Jakarta : Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur KH. Sholahudiin Wahid atau Gus Sholah telah meninggal dunia. Ia meninggal dunia setelah mengalami kritis pasca-operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada hari Minggu (2/2/2020).

Salah satu kerabat Gus Sholah, yaitu Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus dalam aku Instagramnya, mengungkapkan pertemuannya dengan Gus Sholah beberapa waktu yang lalu. Gus Sholah, kata dia telah menyiapkan penggantinya untuk mengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng.

"Beberapa waktu yang lalu, tanpa pendahuluan apa pun, Gus Sholah (Ir. KH. Sholahuddin Wahid), bercerita kepadaku bahwa beliau sudah mempersiapkan suksesi kepengasuhan Pesantren Tebu Ireng yang selama ini dipimpinnya," tulis Gus Mus yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuth Thalibin, Rembang

Gus Mus pun sangat kehilangan sosok Gus Sholah. Ia berharap Gus Sholah meninggal dunia dalam kondisi khusnul khotimah. 

"Innã liLlãhi wa Innã ilaiHi rãji'?n, kemarin beliau berpulang ke rahmatuLlaãh menyusul kakandanya, Gus Dur. Semoga beliau husnul khatimah. Allahummaghfir lahu warhamhu wa'ãfihi wa'fu 'anhu wa akrim nuz?lahu waj'alil jannata matswãh...Al-Fãtihah Al-Fãtihah. Semoga Keluarga Besar yang ditinggalkannya diberi ketabahan dan kesabaran. AzhzhamaLlãhu ajrahum wa ahsana azã-ahum," terangnya.

Sementara itu, pemakaman Gus Sholah akan dilaksanakan pada Senin sore ini sekitar pukul 16.00 WIB. Rencananya, Gus Sholah akan dikebumikan di sebelah barat dari makam kakak kandungnya, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (foto: instagram/ balawaasepwahyu)

00:00:00 / 00:00:00