tanggap-bencana

Perairan Selat Sunda Lampung Selatan Diguncang Gempa Tektonik

Oleh: Dendy Fachreinsyah Editor: 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat

KBRN, Cilegon : Wilayah Lampung Selatan yang dekat dengan kawasan perairan Selat Sunda diguncang gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,4 pada Rabu, (12/2/2020) pukul 10.06 WIB.

Gempabumi ini juga dirasakan hingga ke wilayah Panengahan Lampung Selatan, Ciwandan Cilegon dan Merak dengan Skala Intensitas II MMI.

Berdasarkan analisis BMKG, menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan magnitudo 3.4 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 5.87 LS - 105.75 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 kilometer Tenggara Lampung Selatan dengan kedalaman 1 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," ujar Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho melalui siaran pers yang diterima RRI.

Meski gempa sempat dirasakan dibeberapa wilayah, namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga laporan ini dibuat pukul 10:37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," pesannya.