wisata

HCML Dukung Pulau Mandangin Jadi Destinasi Wisata

Oleh: Benny Hermawan Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Dermaga Pulau Mandangin kini tak hanya berfungsi sebagai pintu ke luar masuk pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Kambing. Dermaga pelabuhan Pulau Mandangin yang telah  dilengkapi dengan papa nama kini menjadi salah satu pusat aktifitas warga, dari sekadar nongrong atau selfie.

Papan nama yang bertuliskan Pulau Mandangin ini dibangun Husky CNOOC Madura Limited persis diatas dermaga. Papan nama itu juga dilengkapi lampu penerang. Sehingga jika malam menyala terang.

“Pembangunan papan nama itu menjadi salah satu dukungan HCML terhadap upaya-upaya untuk menemukan spot-spot wisata di Pulau Mandangin. Kami berharap hal ini  bisa memicu kreatifitas warga Kabupaten Sampang untukmembuat  Pulau Mandangin lebih dilirik sebagai salah satu destinasi wisata,” papar Manager Regional Office HCML Hamim Tohari, Jum'at (14/2/2020).

Menurut Hamim potensi Pulau Mandangin sebagai destinasi wisata bisa dikembangkan karena di media sosial mulai banyak yang mengunggah foto atau ulasan tentang keindahan Pulau Mandang. Pulau yang punya tradisi rokat tase’ atau petik laut  ini, lanjut Hamim, memiliki pantai berpasir putih yang lembut  di ujung barat. 

“Selain itu, pulau ini juga memiliki  Pantai Candin di ujung timur pulau dengan panorama mirip Tanah Lot di Pulau Bali,” jelasnya.

Ditambahkan,  Pulau Mandangn mimiliki pemandangan laut yang indah karena keberadaan ratusan perahu nelayan di  bibir pantai. Selain itu  wisatawan yang naik perahu juga bisa menikmati pemandangan ikan-ikan yang muncul di permukaan laut.
Pulau ini  juga memiliki keunikan karena warganya ini tidak ada yang punya mobil pribadi. Mobil yan1g ada hanya untuk mengangkut pasir.  Karena di pulau ini  kekayaan warga tidak diukur dari pemilikan mobil, tetapi dari ukuran dan jumlah perahu.

“Jadi bukan hanya panoramanya yang indah. Mereka juga memiliki budaya yang menarik. Lebih menarik lagi karena warga Mandangin juga cukup ramah terhadap pendatang, ini modal berharga agar Mandangin bisa berkembang menjadi daerah wisata unggulan. Melihar potensi ini kami  HCML berharap bisa memberi kontribusi dalam memacu kreatifitas warga,” katanya.