tanggap-bencana

BMKG: Beberapa Daerah di Indonesia Siaga Bencana Hidrometeorologi

Oleh: Cecep Jambak Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan beberapa daerah berstatus siaga terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Ada beberapa daerah yang berstatus siaga. Sebab perlu diwaspadai memiliki peningkatan hujan yang signifikan serta berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi. Ada titik rawan banjir dan tanah longsor, yang diwaspadai. Informasi berbasis dampak BMKG, genangan banjir berpotensi terjadi di wilayah Sumbar, Bengkulu, Lampung, Jabar, Jateng, Kalteng, dan Sulbar," ungkap Prakirawan BMKG, Rifda Nofikarani pada Pro3 RRI, Jumat (14/2/2020).

Rifda menambahkan, untuk kawasan yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat meliputi daerah persiir barat Sumatera, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, Banten, Jatim, Jogjakarta, Kaltim, Sulbar, Sulsel, Sulteng, dan Papua.

"Kalau wilayah potensi hujan ringan skala lokal ada di Bali, NTB, NTT, Maluku Utara dan Maluku," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Rifda, untuk gelombang tinggi antara 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan barat Lampung hingga Selatan Jawa, wilayah laut Sulawesi, Laut utara Halmahera, laut Harafuru, laut utara Kaltim, dan laut Papua," pungkasnya. (Foto: Antara)