peristiwa

Menaker: K3 Harus Jadi Prioritas Perusahaan

Oleh: Femmy Asti Yofani Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengingatkan kepada seluruh perusahaan untuk melaksanakan dan menerapkan K3 dilingkungannya dengan sebaik-baiknya.

“Perusahaan harus melaksanakan dan menerapkan K3 di lingkungannya agar pekerja nyaman dalam menjalankan tugasnya,“ ujar Menaker saat memimpin upacara Bulan K3 di  Kantor PTPN V Pekanbaru, Jum’at (14/2/2020).

Menurut Menaker, dengan diterapkannya K3 di lingkungan perusahaan maka kecelakaan kerja dapat dihindari, karena kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian dan kerugian materi, tetapi juga dapat mempengaruhi produktivitas karyawan dalam menjalankan tugasnya.

“Dengan melaksanakan serta menerapkan K3 diperusahaan, maka kecelakaan kerja dapat diminimalisir, sebab kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian dan kerugian materi, tapi juga mempengaruhi produktivitas karyawan,“ ungkapnya.

Menurut Menaker, penerapan K3 juga berlaku terhadap karyawan yang bekerja di pembangunan proyek trans sumatera yang saat ini terus dilaksanakan, sebab dirinya tidak ingin ada pekerja yang terluka atau meninggal ketika mengerjakan proyek strategis nasional (PSN), seperti yang sebelumnya terjadi terhadap pekerja proyek Tol Pekanbaru-Dumai yang tertimpa alat berat.

“K3 juga berlaku terhadap pelaksanaan kegiatan proyek trans Sumatera, karena kita tidak ingin ada pekerja yang melaksanakan proyek PSN mengalami kecelakaan kerja hingga menyebabkan kematian,“ ujarnya.

Diharapkan dengan penerapan K3 secara maksimal dapat meminimalisir kecelakaan kerja yang dapat menimpa pekerja.