info-publik

Dokter Siloam Hospitals Bekasi Timur Ini Ungkap Cara Mencegah Stroke

Oleh: Syarif Hasan Salampessy Editor: Syarif Hasan Salampessy 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat

KBRN, Bekasi: Setiap penyakit yang terjangkit di dalam manusia harus segera ditangani dan diobati berdasarkan beratnya penyakit tersebut. Ada yang cukup dengan istirahat, namun ada yang harus ditangani secara khusus oleh dokter dan segera seperti stroke.

Stroke sebagaimana diketahui, dapat menyebabkan disabilitas hingga kematian. Semakin cepat ditangani maka semakin rendah pula dampaknya dalam tubuh manusia. 

Pada kesempatan kali ini dokter neurologi Siloam Hospitals Bekasi, dr. Rezy Sesareza, Sp.N dan dr. Alvin Abrar Harahap M.Ked, Sp.BS. menjelaskan betapa pentingnya tatalaksana stroke yang tepat dan akurat.

dr. Rezy Sesareza, Sp.N mengatakan ada beberapa hal yang menjadi penyebab stroke. “Aliran darah ke otak terganggu, dan kurangnya pasokan darah berarti bahwa tidak cukup oksigen atau nutrisi mencapai otak dan sel-sel otak menjadi rusak atau hancur secara permanen,” katanya melalui siaran pers, Jumat (14/2/2020).

Adapun cara kita tahu jika seseorang mengalami stroke adalah sakit kepala parah dan timbul tiba-tiba, pusing, tidak sadarkan diri, gangguan pengelihatan, kesulitan berbicara atau membentuk kata-kata, kebingungan dalam memahami apa yang dikatakan, mengulai mulut di satu sisi, lemahnya atau kehilangan gerakan dan atau sensasi pada satu anggota tubuh atau lebih.

“Tapi penyakit stroke sangat bisa dicegah dengan berhenti merokok, hindari alkohol, kontrol kadar kolesterol, kontrol tekanan darah, kontrol kadar gula darah, diet sehat, meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi obat-obatan yang sesuai untuk mengontrol penyakit yang menjadi faktor resiko,” imbuhnya.