internasional

Presiden Palestina Pastikan Mendukung Tiongkok Tanggulangi Wabah Virus

Oleh: Denisa Tristianty Editor: 10 May 2020 - 11:32 kbrn-pusat

KBRN, Ramallah : Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengungkapkan simpatinya saat bertemu Duta Besar Tiongkok untuk Palestina, Guo Wei di Ramallah, Sabtu (15/2/2020) kemarin. Abbas mengatakan Palestina mendukung Tiongkok dalam menghadapi penanganan wabah virus Corona Novel 2019.

Tiongkok, kata Abbas, diyakininya mampu mengatasi tantangan virus mematikan tersebut.

"Palestina siap menyediakan semua kemungkinan bantuan untuk berdiri dengan Tiongkok dalam menghadapi cobaan ini," kata Abbas di Ramallah, Palestina, seperti dilansir Kantor Berita Palestina, WAFA, Minggu (16/2/2020).

Selain itu, Abbas kembali mengapresiasi Tiongkok lantaran mendukung Palestina. Sebab, Guo Wei juga menegaskan lagi, bahwa Tiongkok mendukung Palestina dalam perjuangan sebagai negara merdeka.

Wei, dalam pertemuan dengan Abbas kali ini juga menyatakan bahwa Tiongkok mendukung Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Negata Palestina.

Menurut catatan otoritas kesehatan Tiongkok, hingga hari ini Warga Tiongkok pengidap virus Corona Novel 2019 mencapai 1.665 jiwa. Sementara, Tiongkok juga masih menangani 68.500 kasus pasien terinfeksi Corona Novel 2019.

Tragisnya lagi, Tiongkok harus menghadapi 1.716 kasus virus mematikan itu yang dialami petugas kesehatan di sana.

Wakil Menteri Kesehatan Nasional Tiongkok, Zeng Yixin saat konferensi pers, Jumat (14/2/2020) bahkan menyatakan terjadi peningkatan jumlah staf medis positif Corona Novel 2019 akibat tertular.

Yixin menjelaskan, 87 persen pekerja medis terinfeksi berada di Hubei, yang tak lain adalah provinsi pusat penyebaran virus pada Desember 2019. Saat ini, 60 ribu orang tertular virus Corona Novel 2019 di Hubei.