• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Tiongkok " You Are Not Alone "

18 February
07:09 2020

KBRN, Jakarta : Sekelompok musisi di Malaysia menciptakan lagu " You Are Not Alone ". Lagu dipersembahkan untuk mendukung Tiongkok dalam menangani wabah novel coronavirus (Covid-19). 

"Kita harus melakukan sesuatu, terutama orang-orang di luar Tiongkok. Kami ingin orang-orang di Tiongkok bebas dari rasa takut atau khawatir," kata Produser lagu Ong Peng Chu, seperti dikutip Xinhua, Selasa (18/2/2020).

"Don't be afraid. The light from all over the world is on you. Let's join hands and form an armor to escort you. Don't be afraid. You're never alone in the night. Don't cry. It's not just me, everyone is together to give you strength," demikian penggalan lagu "You Are Not Alone" tersebut.

Baca juga : Ragam Upaya Presiden Tiongkok Menjaga Bilateral di Tengah Wabah Virus Corona

Sementara itu, sejumlah pemimpin negara memberikan dukungan moral untuk membantu Tiongkok dalam memerangi wabah Covid-19, diantaranya Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Sedangkan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang memutuskan mengurangi sebanyak 5.0000 yen atau setara 45,43 dolar AS dari gaji bulan Maret setiap anggota parlemen partai untuk disumbangkan bagi Tiongkok guna melawan virus Covid-19. Total uang yang disumbangkan mencapai 2 juta yen atau setara 18.170 dolar. 

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) berkomitmen penuh mendukung upaya-upaya Tiongkok dalam menahan epidemi virus Covid-19. Salah satunya UNDP menyumbang pasokan medis penting melalui dana darurat awal sebesar 500.000 dolar untuk membantu Tiongkok. 

Baca juga : Virus Corona Kembali Serang Penumpang Kapal Pesiar, Tiga Negara Siap Jemput Penumpang di Jepang

Selain itu, Pakistan mengalokasikan sebanyak 300 ribu masker medis, 800 jas hazmat dan 6.800 pasang sarung tangan untuk disumbangkan ke Tiongkok. Begitu juga dengan Korea Selatan yang memberikan bahan medisa dan anti-epidemi ke Tiongkok termasuk 2 juta masker wajah, 1  juta masker medis, 100 ribu jas hazmat dan 100 ribu pasang kacamata. 

Tak hanya itu, dunia usaha Amerika Serikat juga telah menyumbangkan sejumlah persediaan medis ke Tiongkok termasuk 2 juta masker pada Kamis pekan lalu. 

Di Kamboja, sebanyak 86 keluarga yang anak-anaknya telah menerima operasi jantung gratis di Tiongkok menyumbangkan lebih dari 5.000 masker untuk para dokter Tiongkok di Rumah Sakit Kardiovaskular Fuwai Yunnan, Provinsi Yunnan. (foto: Xinhua/Zhu Wei)

00:00:00 / 00:00:00