sorotan-kampus

Tingkatkan Literasi Pasar Modal, GI BEI Hadir di Universitas Islam Mojokerto dan Universitas Hasyim Asyári Jombang

Oleh: Ermina Jaen Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Dalam upaya meningkatkan jumlah investor lokal serta menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap investasi di pasar modal, maka PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menerus melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Kerja sama dengan Perguruan Tinggi telah dilakukan juga oleh BEI sebagai upaya memperkenalkan keberadaan pasar modal kepada generasi muda melalui pendirian Galeri Investasi BEI di berbagai kampus. 

Dengan adanya Galeri Investasi BEI yang merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan kampus dan perusahaan sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra, para civitas akademika dapat mengenal lebih dekat serta memahami dengan benar keberadaan lembaga-lembaga keuangan di pasar modal dan berbagai produk serta jasa yang ada di pasar modal, sehingga diharapkan pada akhirnya masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda, mampu menggunakan produk dan jasa keuangan di pasar modal untuk memenuhi kebutuhan keuangannya. 

Sejalan dengan hal tersebut, pada hari ini, Rabu, ( 19/2/2020), telah diresmikan 2 (dua) Galeri Investasi BEI (GI BEI), yaitu GI BEI di Universitas Islam Mojokerto (UNIM) yang merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan UNIM dan PT Phintraco Sekuritas sebagai Anggota Bursa Mitra dan GI BEI di Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Jombang yang merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan Fakultas Ekonomi UNHASY dan PT. Phintraco Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra.  

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dalam pendirian GI BEI UNIM dilakukan oleh Rektor UNIM, Dr. H. Rachman Sidharta Arisandi, M.Si. Direktur BEI, Hasan Fawzi dan Direktur Utama PT Phintraco Sekuritas, Jeffrey Hendrik. 

Disaksikan oleh Kepala OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi

Sedangkan penandatangan Perjanjian Kerja Sama dalam pendirian GI BEI UNHASY dilakukan oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNHASY, Tony Seno Aji, Direktur BEI, Hasan Fawzi dan Direktur Utama PT Phintraco Sekuritas, Jeffrey Hendrik.
Disaksikan Kepala OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi dan Wakil Rektor UNHASY, Prof. Dr. H. Haris Supratno.

Setelah proses peresmian Galeri Investasi BEI di UNHASY, pihak UNHASY yang juga diwakili oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang K.H. Abdul Hakim Mahfud atau lebih dikenal dengan Gus Kikin mengatakan, Galeri Investasi ini dapat meningkatkan literasi seluruh civitas akademika terkait dengan seluk beluk pasar modal. Berdirinya Galeri Investasi ini semakin melengkapi jumlah tempat edukasi pasar modal di kampus lingkungan pesantren.

“Kami menyambut baik berdirinya Galeri Investasi di Kampus Universitas Hasyim Asyári Tebuireng Jombang ini. Semoga berdirinya Galeri Investasi ini dapat meningkatkan literasi seluruh civitas akademika terkait dengan seluk beluk pasar modal. Terima kasih kepada BEI yang telah memberikan kepercayaan kepada UNHASY Tebuireng. Berdirinya Galeri Investasi ini semakin melengkapi jumlah tempat edukasi pasar modal di kampus lingkungan pesantren. Mudah-mudahan kerjasama yang baik ini bisa meningkatkan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.”ungkapnya.

Senada dengan Gus Kikin, Kepala OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi menyampaikan dukungannya pada pendirian Galeri Investasi di lingkungan kampus.

 “OJK mendukung dalam pemanfaatan galeri investasi sebagai sarana pendidikan edukasi bagi mahasiswa dan lingkungan masyarakat kampus tidak hanya dari sisi investasi saja namun memahami kondisi keuangan emiten, isu global dan regional, disamping memberikan informasi bagi masyarakat dalam memanfaatkan pasar modal sebagai alternatif pendanaan.”
Ujar Bambang Mukti Riyadi.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menegaskan, BEI sebagai pihak yang menginisiasi pendirian Galeri Investasi BEI di Indonesia mengapresiasi pendirian Galeri Investasi di kampus lingkungan pesantren.

“Alhamdulillah, melalui kerjasama pendirian Galeri Investasi BEI pada hari ini, diharapkan akan semakin mempermudah akses layanan maupun upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran berinvestasi di pasar modal kita, khususnya bagi para mahasiswa dan santri di pondok pesantren Tebu Ireng, serta masyarakat di Jombang.”Ujarnya.

Peresmian GI BEI UNIM dan UNHASY merupakan :
- Galeri Investasi BEI ke 2 dan 3 – yang diresmikan di tahun 2020
- Galeri Investasi BEI ke  485 dan 486 – yang diresmikan di Indonesia
- Galeri Investasi BEI ke 1 – yang diresmikan di Mojokerto
- Galeri Investasi BEI ke 3 – yang diresmikan di Jombang
- Galeri Investasi ke 61 – yang diresmikan di Provinsi Jawa Timur