• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

BrewFest 2020, Urban Coffee & Tea Festival Pertama di Indonesia

21 February
16:30 2020

KBRN, Jakarta : Bicara soal kopi dan teh mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Bagi kamu penggemar salah satu atau kedua minuman ini, pastinya merasa dimanjakan dengan banyaknya kedai kopi dan teh yang menjamur di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu produsen terbesar dan berpeluang menjadi raksasa industri kopi di dunia. Ini terlihat sejak tahun 2019 lalu di mana jumlah kedai kopi telah mencapai 3.000, atau tumbuh tiga kali lipat dalam 3 tahun terakhir.

Inilah juga yang kemudian dilihat oleh Toffin Indonesia dengan pengalaman selama 13 tahun di industri kopi, bekerjasama dengan Cikopi.com untuk menggelar BrewFest 2020. BrewFest 2020 adalah Urban Coffee & Tea Festival pertama yang menggabungkan antara tiga platform, yaitu Conference, Exhibition, dan Appreciation.

"BrewFest 2020 menghadirkan pengisi acara yang mumpuni di bidangnya sekaligus memberikan berbagai informasi yang jarang dibicarakan di tempat dan event lain," ujar Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia, pada pembukaan BrewFest 2020 di Atrium Senayan City, Jakarta, Jumat (21/2/2020). 

Dijelaskan Ario, dalam BrewFest 2020
Isu dan tren bisnis dikemas menarik dalam conference atau coffee forum. “Selain itu, pertama kalinya di Indonesia kami akan menghelat penghargaan Best Coffee Shop yang bekerjasama dengan Zomato,” tambahnya.

Festival yang akan berlangsung hingga Minggu (23/2/2020) lusa ini akan mengangkat isu dan tren bisnis kopi dan teh di tanah air, yang dikemas secara menarik dalam sesi conference atau coffee forum.

Selain itu, untuk pertama kalinya di Indonesia, BrewFest 2020 juga akan menggelar penghargaan Best Coffee Shop yang bekerjasama dengan Zomato. Konsep pengemasannya pun menarik, yaitu Talk, Play, dan Show.

BrewFest 2020 menghadirkan 50 pembicara, 20 penampil, dan 20 brand kopi yang tergabung sebagai tenant. Selain kopi, BrewFest 2020 juga mengangkat teh sebagai salah satu konten acaranya, seperti bagaimana membuat teh Indonesia menarik bagi generasi milenial. Event ini menargetkan 1500 partisipan dan 7.500 pengunjung.

“Sebagai perusahaan penyedia produk dan jasa di sektor Horeca, Toffin Indonesia berkomitmen untuk memajukan industri food & beverage khususnya kopi dan teh melalui sebuah event dalam bentuk festival,” jelas Ario.

Evani Jesslyn, Founder of First Crack Coffee mengatakan, Indonesia memiliki hasil alam kopi yang luar biasa. Ia optimis perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dari hulu sampai hilir dapat dioptimalkan sehingga bisa menghasilkan kualitas kopi nomor satu di dunia dan mendapatkan Grade 99.

Evani juga mendorong siapapun untuk membangun passion melalui bisnis kedai kopi yang dapat dijalankan dengan tiga modal utama yakni focus, passion, dan persistence.

“Buat saya untuk kopi yang enak itu mesti 3B: best bean, best barista dan best match. BrewFest 2020 adalah wadah yang tepat untuk mengembangkan bakat serta bisnis kedai kopi. Acara seperti ini perlu disupport oleh semua pihak,” ujarnya.

Sementara Ratna Somantri, Founder of Indonesia Tea Institute menambahkan, teh Indonesia membutuhkan banyak dukungan agar industrinya bisa terus berkembang.

"Perlu upaya promosi yang terus-menerus agar teh Indonesia bisa mendapat tempat di negeri sendiri," ujarnya. 

00:00:00 / 00:00:00