sorotan-kampus

Ini Torehan Prestasi Mahasiswa UI di Dalam dan Luar Negeri dalam Setahun Terakhir

Oleh: Heri Firmansyah Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Depok : Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menorehkan berbagai capaian yang terdiri atas aktivitas global (inbound students; global enggagement); program kemanusiaan (kuliah kerja nyata) di pelosok negeri; kejuaraan nasional dan internasional.

“Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyusun program students and lectures mobility bertajuk Chemistry Mobility (ICM) Programme dengan menghadirkan 19 mahasiswa dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia. Mereka adalah mahasiswa dari Kelab Sains Kimia,” ujar Rosari Saleh, Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan, di Kampus UI Depok. 

“FMIPA juga bekerja sama dengan Universiteid Leiden, dimana 10 mahasiswa dari Program Studi Biologi bergabung dalam acara yang bertajuk The 3rd Winter School Program. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa tidak hanya berdiskusi, namun mereka juga melakukan aktivitas  K2N berupa reklamasi karang di pulau pramuka, yang merupakan bagian dari studi pengaplikasian metode penelitian tentang mamalia laut, hingga tentang pembahasan persoalan polusi yang dihasilkan oleh limbah plastik,” tambah Rosari.

Kegiatan aktivitas global lainnya  berjudul Joint International Outing Indonesia, dilangsungkan oleh Fakultas Farmasi, yang menghadirkan 20 mahasiswa dari empat negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia. 

“Sedangkan mahasiswa dari BEM FISIP melakukan aktivitas kuliah kerja nyata di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kegiatan bertajuk "Eksplorasi Desa Kita” ini dimaksudkan untuk membawa isu pendidikan kontekstual dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sesuai kebutuhan untuk pengembangan masyarakat di desa tersebut,” tambah Rosari. 

Beberapa capaian di level global juga terus diraih, di antaranya oleh mahasiswa FEB 2018, yang berhasil mendapatkan Honorable Mention pada ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2020, di Kampus Harvard, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

“HNMUN merupakan ajang Model United Nations yang paling bergengsi dan salah satu yang paling tua di dunia,  dihadiri sebanyak lebih dari 2000 mahasiswa dari 60 negara. Prestasi ini membanggakan sekaligus langka untuk Indonesia. Mengingat hanya dua mahasiswa dari Indonesia yang mampu meraih gelar tersebut sepanjang sejarah pergelaran HNMUN. Untuk mendapatkan gelar honorable mentions ini, peserta harus menjadi salah satu yang paling kontributif dan berpengaruh selama proses kegiatan,” seru Rosari, yang juga Guru Besar di FMIPA UI. 

“Tidak hanya itu, tiga mahasiswa Geofisika angkatan 2016 berhasil menjadi 1st Runner Up pada ajang Geothermal Case Study OGIP (Oil and Gas Intelectual Parade) 2020 di Yogyakarta. Sedangkan enam mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi berhasil meraih dua titel juara pada ajang Accrued 2020: Tax Competition, sebagai peraih juara 1 dan 2 pada kategori Kompetisi Pajak,” tutup Rosari.