• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Gowes Mantai, ke Pangandaran Lebih Dekat dari Stasiun Sidareja

22 February
18:58 2020

KBRN, Purwokerto : Selama ini, masyarakat yang hendak menuju ke Pantai Pangandaran, seringnya dari arah Stasiun Banjar.

Banyak yang belum tahu, bahwa perjalanan menuju ke Pantai Pangandaran lebih dekat dari Stasiun Sidareja. Lebih kurang berjarak 37 km, atau menghemat jarak tempuh lebih dari 20 km.

Untuk menambah minat dan mengenalkan Stasiun Sidareja, Kabupaten Cilacap, kepada masyarakat di luar Wilayah Cilacap yang hendak berwisata maupun berbisnis ke Pantai Pangandaran, dengan menggunakan kereta api, Sabtu (22/2/2020) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto menggandeng Komunitas Sepeda Cepot Lipet Bandung mengadakan kegiatan bersepeda santai.

Adapun rute yang di ambil start awal dari Stasiun Sidareja dan finish di obyek wisata Pangandaran. Sebanyak kurang lebih 100 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Peserta kebayakan dari wilayah Bandung, yang sebelumnya melakukan perjalanan menggunakan kereta api Serayu dari Stasiun Kiaracondong, Bandung menuju Stasiun Sidareja. Dan tiba di Stasiun Sidareja pada pukul 06.30 WIB.

Rombongan disambut oleh Vice President (VP) Daop 5 Purwokerto, Agus Setiyono, yang sekaligus akan mengibarkan bendera start sebagai tanda diberangkatkannya kegiatan bersepeda menuju pantai Pengandaran.

Komunitas Sepeda Cepot Lipet Bandung memilih Stasiun Sidareja dengan alasan lokasi stasiun yang cukup strategis dan jaraknya tidak terlalu jauh dari obwis Pangandaran dengan jarak 37 km.

Stasiun Sidareja yang merupakan salah satu stasiun yang berada di wilayah Daop 5 Purwokerto, masuk wilayah Kabupaten Cilacap,  memiliki fasilitas yang cukup memadai bagi pengguna jasa kereta api. 

Fasilitas yang disiapkan diantaranya memiliki area parkir yang luas, ruang tunggu yang cukup representatif dan loket pelayanan tiket. Saat ini ada 14 perjalanan KA yang berhenti di Stasiun Sidareja. Dan direncanakan, 12 KA lainnya juga akan berhenti di stasiun Sidareja.

“Melihat potensi wisata di sekitar wilayah Kabupaten Cilacap, khususnya Pantai Pangandaran yang sudah mendunia, PT KAI akan lebih mengembangkan Stasiun Sidareja sebagai titik terdekat menuju pantai,” kata Agus Setiyono. 

Saat ini sudah 14 perjalanan KA dari arah Surabaya maupun Bandung / Jakarta yang berhenti di Stasiun Sidareja, kedepannya akan bertambah.

"Juga nantinya kereta angkutan barang yang bisa dipergunakan mengirimkan barang ekspedisi masyarakat. Masyarakat bisa langsung datang ke Stasiun Sidareja untuk mengirimkan paket barangnya ke stasiun tujuan," ungkapnya.

PT KAI tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan perjalanan KA beserta penumpang atau barang yang diangkutnya.

00:00:00 / 00:00:00