• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Pacuan Kuda Tradisional Gayo dan Lari Marathon, Agenda Sport HUT Takengon

23 February
16:52 2020

KBRN, Takengon : Ratusan ekor kuda yang berasal dari Lima kabupaten di Provinsi Aceh dijadwalkan akan mengikuti event pacuan kuda tradisional Gayo untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Takengon ke-443.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah Halimatusakdiah kepada RRI mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung mulai 24 Februari – 01 Maret 2020.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan ini pihaknya telah mengirimkan surat kepada Pengurus Cabang Pordasi Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Besar maupun tuan rumah Aceh Tengah untuk mengirimkan kuda-kuda terbaiknya.

Disebutkan Halimatusakdiah, pembukaan pacuan kuda sendiri direncanakan akan dibuka, Senin (24/2/2020) oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di Arena Haji Muhammad Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing.

“Kita sudah layangkan surat ke Pordasi Aceh Tengah untuk kirimkan 200 ekor, Bener Meriah 70 ekor, Gayo Lues 60 ekor, Aceh Tenggara 10 ekor dan Aceh Besar Satu ekor, untuk jumlah pastinya kita masih menunggu, hingga malam nanti,” katanya, Minggu (23/2/2020).

Masih menurut Halimatusakdiah, selain event pacuan kuda tradisional Gayo pada Senin Pagi juga direncakanan berlangsung acara lomba lari marathon 10 Kilometer (10K) bagi para pelajar tingkat SMA sederajat.

Ditambahkan, lomba lari marathon tersebut akan diikuti oleh ratusan peserta dengan mengambil lokasi start dari depan kantor bupati setempat dan finis di arena pacuan kuda haji Muhammad Hasan Gayo.

“Karena antusias masyarakat setiap lomba marathon cukup tinggi, kita kembali adakan, dalam hari jadi Takengon ini, tapi jika sebelumnya juga mempertandingkan untuk kategori umum, tapi kali ini hanya untuk pelajar,” katanya.

00:00:00 / 00:00:00