• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Yummy! Aneka Makanan Berbahan Dasar Durian Tersaji di Sini

23 February
22:10 2020
1 Votes (5)

KBRN, Pandeglang : Bagi Anda yang menyukai buah durian, saat ini menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Soalnya, disejumlah daerah buah dengan wangi yang menyengat ini mengalami masa panen.

Berbagai durian dengan masing-masing ciri khasnya, banyak dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan bahkan di toko swalayan. Tak terkecuali merambah ke hotel-hotel.

Seperti halnya yang tersaji di Hotel Mutiara Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (23/2/2020).

Di hotel ini, ribuan buah durian berbagai jenis disajikan bagi pengunjung dalam acara Food Festival Belah Durian. Pengunjung bebas menikmati durian dengan rasa yang manis dan legit.

Tidak cuma itu, pengelola hotel juga turut menyuguhkan beraneka makanan dengan bahan dasar durian, seperti gurame saus durian, sambal durian, kopi cemplung durian, durian bakar dan aneka kolak durian.

Tak heran, acara ini mampu menyedot animo ratusan masyarakat sekitar, wisatawan lokal, hingga wisatawan mancanegara terlihat tidak mau ketinggalan mencicipi durian dengan berbagai varian rasa.

General Manajer Hotel Mutiara Carita, Alfanshah Abdullah, Food Festival Belah Durian diisi dengan beberapa kegiatan, mulai dari lomba belah durian, pesta makan durian dan cooking bersama. 

Dia menyebut, sedikitnya 1000 durian disiapkan dalam festival tersebut. Dalam kegiatan itu, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati durian saja, akan tetapi dapat menyaksikan pula live cooking dari Chef Agus Sasirangan yang merupakan master chef.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, angka kunjungan wisatawan bisa lebih meningkat lagi," ujarnya.

Komisaris Hotel Mutiara Carita, Bambang Iryanto menambahkan, Food Festival Belah Durian digelar untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Banten, khususnya di wilayah Carita. Mengingat selama ini, muncul sejumlah pandangan kurang baik terhadap industri pariwisata di Pandeglang.

"Padahal kalau kita lihat saat ini kondisi wisata di Pandeglang sangat kondusif. Maka dari itu, kami berharap melalui event ini mampu menarik perhatian wisatawan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pengelola wisata Hotel Mutiara Carita. Sebab kata dia, hal itu dapat mengangkat kunjungan pariwisata di Banten.

"Di samping untuk mengangkat wisata di Banten, kegiatan ini juga untuk mengenalkan durian lokal dan juga aneka olahan durian itu," tuturnya.

Wanita yang akrab disapa bunda itu melanjutkan, kegiatan tersebut juga dapat dijadikan contoh oleh para pelaku industri wisata lain di Banten, khususnya Carita, sebagai upaya menghangatkan dan mengembalikan kunjungan wisatawan ke Carita.

"Kami juga tahun ini akan punya agenda dalam upaya meningkatkan pariwisata. Mudah-mudahan dengan berbagai upaya, industri wisata di Banten, lebih menggeliat lagi," tambahnya.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Miechell Octovy Koagouw

    Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00