politik

Legislator PKS : Semoga Semua BUMN Asuransi Tak Seperti Jiwasraya dan Asabri

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

BACA JUGA: Demokrat Perkirakan Keputusan Angket Jiwasraya Lewat Voting

Menurut Nevi, penjelasan ini akan lebih komprehensif bila direksi memberikan rincian dan racikan investasi di portofolio reksadana, obilgasi, dan keiikut-sertaan pada anak-anak perusahaan. Karenanya, ia berharap ada komitmen bersama seluruh BUMN Asuransi pada penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (Good Corporate Governance), pedoman perilaku (code of conduct) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.


"Komitmen BUMN Asuransi ini, bila konsisten dilakukan, maka instutusi-institusi ini akan menjadi agen pembangunan yang bisa menggerakkan perekonomian lokal maupun nasional. Namun semua komitmen ini perlu dibarengi dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam kebijakan investasi dan manajemen portofolio,” jelasnya.

Khusus pada Jasa Raharja, Nevi menyoroti masih belum maksimalnya transformasi digital pada sistem pembayaran santunan yang real time. Dia juga menyarankan agar Jasa Raharja mampu mengoptimalkan promosi pemasaran dan sosialisasi tentang produk asuransi dengan menggunakan teknologi digital sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0.

“Sesuai keputusan rapat, semoga seluruh BUMN Asuransi memberikan jawaban secara cepat sehingga menjadi bahan masukan dalam Rapat Kerja dengan Menteri BUMN. Upaya ini sangat penting untuk membangun regulasi dan pengawasan menuju pemerintahan yang handal,” pungkasnya.