politik

Emrus Yakin Gatot Nurmantyo Bergabung, Partai Demokrat Moncer

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo digadang-gadang masuk lingkaran Partai Demokrat sebelum pelaksanaan Kongres yang tidak lama lagi digelar. Hembusan nama Gatot dimunculkan oleh Hencky Luntungan, salah satu pendiri partai berlambang Bintang Mercy besutan Presiden kelima RI, Susilo Bambang Yidhoyono atau SBY itu.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Emrus Sihombing dalam keterangan tertulisnya yang diterima RRI Pro3, Minggu (23/2/2020) menyarankan agat sebaiknya, Demokrat memberikan ruang bagi siapapun, termasuk Gatot Nurmantyo jika benar ingin bergabung.

"Dengan masuknya Gatot Nuramantyo Partai Demokrat mempunyai "darah segar" diajang perpolitikan. Selain itu, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak," kata dia.

Sedang keuntungan yang dimaksud Direktur Ekesekutif
Lembaga EmrusCorner adalah popularitas Demokrat akan terkerek karena namanya belakangan ini terus merosot. Sedang keuntungan bagi Gatot, Demokrat akan memudahkan dirinya untuk melaju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi kedua belah pihak akan diuntungkan, tidak ada yang rugi. Karena, untuk mendapatkan seseorang yang memiliki karir cemerlang seperti Gatot Nurmantyo tidak mudah. Jabatan panglima TNI yang diemban seseorang tentu dimilki orang yang profesional dan berpengalaman tinggi," ujarnya lagi.

Lebih lanjut Emrus berpendapat, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono harusnya memberikan karpet merah kepada Gatot Nurmantyo untuk bergabung. Jadi, SBY tidak perlu ada kekhawatiran atau bahkan "ketakutan" dengan Gatot Nurmantyo.

"Jangan ada pemikiran partai politik adalah milik keluarga. Partai politik  adalah aset bangsa Indonesia. Jadi semua orang bisa masuk asalkan sejalan dengan visi dan misi partai tersebut," katanya seraya menekankan, Partai Demokrat harus memberikan ruang bagi Gatot Nurmantyo jika ingin bergabung jika namanya ingin kembali moncer.

Masih menurut Emrus, jika Gatot Nurmantyo masuk ke Demokrat sebelum pelaksaaan Kongres akan memberikan nuansa baru bagi partai itu. Sebab, jika Gatot nantinya maju dalam bursa calon Ketua umum akan memberikan alternatif pilihan.

"Tidak perlu ada yang ditakuti. Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY juga harus berterimakasih jika Gatot Nurmantyo akan masuk dan mencalonkan diri sebagai calon Ketua umum pada saat Kongres. Sebab, ada alternatif pilihan bagi para pemilik suara dalam Kongres itu," pungkasnya.