internasional

Pemerintah Naikkan Status Serius, Dua Kasus Kematian Baru Akibat Virus Corona di Korea Selatan

Oleh: Denisa Tristianty Editor: 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Korsel : Pemerintah Korea Selatan bukan tanpa sebab menaikkan level peringatan wabah virus Corona Novel 2019 menjadi level serius. Sebab, hari ini, Minggu (23/2/2020) ternyata laporan kematian korban keempat dan kelima telah terjadi terkait virus COVID-19 di Korea Selatan. Jumlah pasien terjangkit virus mematikan tersebut juga naik menjadi 602 jiwa.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea (KCDC) melaporkan tambahan pasien positif COVID-19 adalah sebanyak 123 orang, per Minggu pagi tadi. Kemudian pada sore hari, KCDC melaporkan, terdapat tambahan 46 orang, seperti dilansir Kantor Berita Korea Selatan, KBS, Minggu (23/2/2020) malam.

Jadi, total 169 kasus baru elah dilaporkan KCDC. Sehingga jumlah kumulatif pasien menjadi 602 jiwa. Sebanyak 329 orang di antaranya diketahui mempunyai kaitan dengan Gereja Yesus Shincheonji.

Baca juga : Virus Corona Semakin Mewabah, Korea Selatan Negara ke-2 Kasus Terbanyak Setelah Cina

Otoritas karantina hari ini, Minggu, mengatakan, bahwa korban kelima adalah seorang wanita berusia 56 tahun yang meninggal dunia di Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook. Ini merupakan kasus pertama kematian yang dilaporkan di kota Daegu.

Sementara korban keempat adalah seorang pasien pria berusia 57 tahun yang meninggal dunia di Rumah Sakit Daenam di Kota Cheongdo, pada Sabtu (22/2/2020) kemarin. Kota Cheongdo adalah tempat kematian kasus COVID-19 pertama di Korea Selatan.
 
Korea Selatan melaporkan kematian pertamanya, pada Rabu (19/02/20). Saat itu, seorang pria berusia 63 tahun meninggal dunia karena pneumonia di rumah sakit yang sama. Dia dinyatakan positif terjangkit virus tersebut setelah kematiannya.
 
Pada hari Jumat (21/02/20), seorang pasien berusia 50-an tahun juga meninggal dunia saat dipindahkan ke rumah sakit di Busan. Dia menjadi korban ke-2 dalam kasus kematian virus COVID-19.
 
Korban ketiga adalah seorang pria berusia 40-an tahun yang ditemukan tewas di rumahnya, di Kota Gyeongju, Provinsi Gyeongsang Utara. Pria tersebut ditemukan, juga pada hari Jumat (21/2/2020), dan otoritas kesehatan Korea Selatan mengonfirmasi bahwa dia positif COVID-19.

BACA JUGA: Tingkatkan Level Serius Kasus Virus Corona, Korea Selatan Tunda Tahun Ajaran Baru Sekolah