• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Bulan Tanpa Kendaraan di Gunung Bromo Berakhir

24 February
19:01 2020

KBRN, Malang : Kebijakan Car Free Month atau bulan tanpa kendaraan bermotor di kawasan Kaldera kawasan wisata Bromo telah berakhir sejak tanggl 24 Februari 2020 tepat pukul 00.00 WIB.

Dengan berakhirnya kebijakan itu, maka wisatawan yang akan berkunjung sudah dapat kembali menggunakan kendaraan bermotor. 

Sebelumnya, CFM yang diterapkan sejak 24 Januari selama sebulan penuih ini dilakukan untuk menghormati adat wulan kepitu masyarakat Tengger, serta dalam rangka pemulihan ekosistem kawasan Kaldera Tengger. 

"CFM merupakan salah satu implementasi 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan terhadap adat dan budaya masyarakat Tengger, sekaligus upaya untuk memulihkan ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya," ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat, Senin (24/2/2020).

Meski aktivitas di Bromo dan sekitarnya sudah mulai berjalan normal kembali, BB TNBTS berharap agar wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Bromo dan sekitarnya agar selalu menjaga kebersihan kawasannya.

"Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Untuk pengunjung yang bersepada motor agar tidak membuat jalur baru dengan mengorbankan rumput-rumput yang telah tumbuh asri di Savana, begitu juga untuk pengunjung yang menggunakan jasa jip," imbau Sarif. 

00:00:00 / 00:00:00