info-publik

Hujan Deras Jabodetabek Akibat Siklon Tropis Ferdinan, Sampai Tiga Hari Mendatang

Oleh: Cecep Jambak Editor: 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Mulyono R. Prabowo menjelaskan, hujan deras yang terjadi di daerah Jabodetabek diakibatkan munculnya Siklon Tropis Ferdinan dan Siklon Tropis Ester.

"Ada kondisi pola tekanan rendah yang muncul di Selatan Indonesia, yang saat ini sudah menjadi Siklon Tropis Ferdinan yang ada di Barat Laut Australia. Dan yang satu lagi menjadi Siklon Triopis Ester di sebelah Utara Australia. Dua-duanya ada di sebelah Selatan Indonesia, dimana Ferdinan di sebelah Selatan NTB, dan Ester di wilayah sebelah Selatan Maluku Tenggara," jelas Mulyono pada Pro3 RRI, Senin (24/2/2020).

Menurut Mulyono, secara jarak dua siklon ini cenderung jauh sekitar 700 kilometer dari Nusa Tenggara Barat. Namun dengan posisi pola tekanan rendah di belahan bumi selatan, membuat pertemuan aliran udara yang bertempat di antara sebelah selatan Sumatera yang memanjang ke NTB.

"Ini yang kemudian menimbulkan daerah pengumpulan uap air dan pertumbuhan awan dengan potensi hujan. Siklon Tropis Ferdinan akan bertahan, di perairan, kemungkinan bisa bertahan dua tiga hari ke depan. Kalau Ester mungkin tidak akan bertahan," pungkasnya. (Foto : Ant)