• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Puluhan Peserta Ikuti Latpimnas 2020, Ini Pesan Gubernur Khofifah

25 February
11:54 2020

KBRN, Surabaya : Sebanyak 60 orang, menjadi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Latpimnas) Tingkat II Angkatan II, Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Mereka merupakan pimpinan dari berbagai instansi di beberapa Provinsi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, membuka Latpimnas ini di gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (25/2/2020). Menurutnya, yang penting dari Latpimnas adalah bagaimana membangun kohesivitas.

"Bahwa mereka adalah para pemimpin di tingkatannya masing-masing, dan tentu diharapkan akan menjadi pemimpin yang lebih tinggi lagi di tingkatannya masing-masing," ujar Khofifah.

Tema besar dari Latpimnas ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas mereka, tambah Khofifah, hari ini tanpa kreativitas, tanpa inovasi, maka akan mandek alias berhenti. Bahkan Khofifah mengumpamakan, saat ini kita bersaing dengan digital IT.

"Coba bayangkan, hari ini ternyata kerja keras saja tidak cukup, kerja cepat saja tidak cukup, tapi ada tingkat akurasi, tingkat presisi, yang juga harus dilihat bagaimana surrounding kita," ucapnya.

Sebagaimana Presiden Jokowi sering menyampaikan, bahwa hari ini kita bekerja lebih baik dari yang kemarin saja tidak cukup, hari ini kita harus bekerja lebih baik dari negara lain.

"Kita bisa melihat negara tetangga kita Malaysia maupun Singapura yang digitalisasi IT-nya sudah sangat Advan," imbuhnya.

Maka, kata Khofifah, bekerja cepat, bekerja akurat, dan penuh kreativitas dan inovasi itu harus ditopang oleh digital IT, yang menurutnya, hari ini adalah sebuah kebutuhan. Layanan-layanan bisa dipercepat, transparansi bisa dilakukan.

"Antara lain adalah digitalisasi dari perencanaan kita, penganggaran kita, dan bagaimana quick respon di antara aparat sipil negara terhadap apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," tandasnya.

00:00:00 / 00:00:00