• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Waspada, BMKG : Potensi Hujan Masih Tinggi Selama 3 Hari ke Depan

25 February
18:53 2020

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengimbau masyarakat mewaspadai hujan harian berintensitas tinggi di tiga hari ke depan. 

"Hujan masih diprediksi lebat hingga sangat lebat terjadi di beberapa hari ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo pada Pro3 RRI, Selasa (25/2/2020).

Selain faktor angin Muson Asia kata Mulyono, kondisi udara labil di lokal juga menjadi penyebab terjadinya hujan.

"Pertama secara umum Munson Asia masih aktif. Aktifitas ini adanya pertemuan aliran udara dari belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Sehingga terjadi aliran konfergensi udara yang cukup memanjang dari perairan sebelah selatan Sumatera hingga ke wilayah Jawa, NTB dan NTT. Ini yang menjadi penyebab eksternal," jelas Mulyono.

Dikatakan Mulyono, untuk faktor internal karena kondisi udara yang yang cukup labil yang terjadi di lokal. Sehingga memberi kontribusi pertumbuhan awan hujan.

BACA JUGA : Hujan Deras Jabodetabek Akibat Siklon Tropis Ferdinan, Sampai Tiga Hari Mendatang

"Secara lokal, konsidi udara yang cukup labil juga memberi kontribusi pertumbuhan awan. Khususnya perairan utara Banten, Serang, dan Jakarta. Dimana pada dini hari terkait adanya angin laut yang masuk daratan, maka muncul curah hujan di Jabodetabek," ujarnya.

Sebelumnya Mulyono menerangkan, potensi hujan lebat hingga sangat lebat masih menghantui Jabodetabek khususnya DKI Jakarta. Hal itu tak terlepas dari perkembangan kondisi cuaca yang memungkinkan terjadinya pertumbuhan awan hujan yang intens.

"Melihat perkembangan kondisi cuaca, masih memungkinkan terjadinya pertumbuhan awan yang intens, khususnya untuk Jakarta dan Jabodetabek. Akan menghasilkan adanya potensi hujan pada intensitas lebat hingga sangat lebat," jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo.

BACA JUGA : Bahaya, Pertumbuhan Awan Hujan Masih Intens, Hujan Lebat Masih Akan Awet

"Untuk prediskisi musim hujan bahkan masih terjadi hingga ke Maret. Meski sejak awal tahun curah hujan sudah cukup tinggi. Makanya BMKG berkepentingan dapat menginformasikan pada masyarakat sebagai salah satu langkah antisipasi ke depannya," sambungnya. (Foto : Ant)

00:00:00 / 00:00:00