tanggap-bencana

Longsor Batu Tebing Tutup Akses Jalur Provinsi Cikajang Garut

Oleh: Irwan Rudiawan Editor: Mosita Dwi Septiasputri 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN,Garut : Tingginya curah hujan penyebab terjadinya  Longsor hingga  menutup Jalan Cikajang-Pameungpeuk pada Selasa (25/2/2020). Kendaraan roda empat tak bisa melintasi jalan tersebut.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, longsor batu menutup jalan sekitar pukul 15.50. Akibatnya, jalan penghubung Garut menuju Pameungpeuk belum bisa dilintasi.

"Motor masih bisa melintas. Tapi harus hati-hati karena batu besar menutup jalan tersebut," ujar Tubagus.

Lokasi longsor berada di Kampung Sodong, Desa Kramatwangi, Kecamatan Cikajang. Hujan yang terjadi sejak siang, membuat batu besar ambruk dan menutup jalan.

"Kami bersama PUPR dan kecamatan sedang menanggulangi longsor batu tersebut. Alat berat juga sudah dikerahkan ke sana," katanya.

Di musim hujan, lanjutnya, Jalan Cikajang-Pameungpeuk jadi salah satu daerah rawan bencana. Pemkab telah menyiapkan alat berat untuk mengantisipasi longsor di wilayah tersebut.

"Pengendara harus selalu waspada saat melintas Jalan Pameungpeuk. Sering terjadi longsor apalagi jika intensitas hujan tinggi," tutupnya.