info-publik

Yuk! Berkunjung ke Kapal Republik Islam Iran Kharg di Pelabuhan Tanjung Priok

Oleh: Retno Mandasari Editor: Mosita Dwi Septiasputri 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Kapal Republik Islam Iran (Kharg), bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Selasa (25/2/2020). Kunjungan kapal militer ini akan berakhir pada 28 Februari mendatang. Menariknya, sejak kedatangannya ke Jakarta disediakan fasilitas "Open Ship", bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berkunjung ke kapal tersebut.

Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta, Kolonel Mohammad Behrouz, menyatakan, kunjungan kapal angkatan bersenjata Iran merupakan salah satu rangkaian perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Iran tahun ini. 

Behrouz menyebut, Kapal Kharg berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas Iran dan membawakan 300 mahasiswa Akademi Angkatan Laut Iran selama 4 hari keberadaanya di Jakarta. 

Ditambahkan Behrouz, pertemuan dengan pejabat TNI AL Republik Indonesia, "Open Ship" dan olahraga bersama dengan mahasiswa Akademi Angkatan Laut Indonesia, adalah sebagian dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh kapal Khag di Indonesia.

Sementara, Republik Indonesia merupakan salah satu negara sahabat bagi Republik Islam Iran. Kedua negara bekerjasama di berbagai bidang Begitu juga di bidang pertahanan terjadi saling kunjungan antara pejabat militer kedua negara dan terdapat tekad yang baik antara pejabat kedua pihak untuk memperluaskan kerjasama.

Iran dan Indonesia memiliki peran yang begitu strategis dan penting untuk mejaga keamanan di barat dan timur Asia khususnya pada perairan kawasan masing-masing antara lain Selat Hormoz dan Selat Malaka.