olahraga

Tinton Soeprapto Tertarik Bangun Sirkuit Kelas Dunia di Pandeglang

Oleh: Dendy Fachreinsyah Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:31 kbrn-pusat

KBRN, Pandeglang : Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Soeprapto tertarik untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Ketertarikannya itu diungkapkan saat bertemu dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita, di Pendopo Bupati Pandeglang, Selasa (25/2/2020).

Tokoh balap nasional itu mengungkapkan alasannya tertarik membangun sirkuit di KEK Tanjung Lesung. Menurut Tinton, daerah Pandeglang yang luas dan didukung dengan potensi wisata yang indah, menjadi salah satu faktor utama untuk membangun sirkuit di wilayah tersebut.

“Kabupaten Pandeglang ini sangat cocok untuk mengembangkan otomotif sport and tourism bisnis. Selain wilayahnya yang luas, Pandeglang juga memiliki potensi wisata yang sangat indah. Ini yang akan menjadi daya tarik para pelaku otomotif dan wisatawan, "terangnya.

Ia menyebut, rencana pembangunan sirkuit di kawasan tersebut, diperkirakan membutuhkan lahan seluas 50 hektar. Dia meyakini, pembangunan sirkuit di KEK Tanjung Lesung dapat meningkatkan pendapatan dan promosi wisata Indonesia khususnya wisata di Pandeglang.

"Ini adalah impian saya membangun sirkuit bertaraf internasional dan impian ini harus terwujud, setelah Sirkuit Sentul yang saya punya, kini saya berencana akan membangun sirkuit kelas dunia di Kabupaten Pandeglang," katanya.

Jika benar ayanda dari pembalap mobil nasional, Mikola dan Moreno Soeprapto itu membangun sirkuit di Tanjung Lesung, ini menjadi salah satu sirkuit permanen terbaik bertaraf internasional yang ada di Indonesia.

"Sirkuit Sentul saja luas lahanya hanya 75 hektar. Di KEK sendiri lahanya cukup luas, berapa pun lahan yang kita butuhkan tersedia, apa yang tidak ada di Sirkuit Sentul, di kawasan Tanjung lesung justru ada. Disini terdapat pemandangan yang cukup memukau, ada laut gunung dan lain sebagainya,” tandas pemilik otobiografi Dari Balap ke Balap itu.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku antusias dengan rencana pembalap legendaris itu. Irna menilai, keberadaan sirkuit di Tanjung Lesung akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Pandeglang.

“Pembangunan sirkuit ini akan bisa menarik wisatawan pecinta otomotif untuk datang ke Pandeglang,” kata Irna.